PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP SLOT RECTANGULAR ARRAY UNTUK APLIKASI GPS

ELVANI MARCELIN PONTOAN

Informasi Dasar

111070275
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan manusia akan keakuratan lokasi dan pelacakan dimana sesuatu ataupun seseorang berada mendorong terciptanya suatu alat/perangkat yang kita kenal dengan GPS. GPS (Global Positioning System) adalah sebuah sistem navigasi berbasiskan radio yang menyediakan informasi koordinat posisi, kecepatan, dan waktu kepada para pengguna GPS di seluruh dunia. Pengguna sistem GPS ini memerlukan alat penerima sinyal GPS (GPS receiver) untuk menerima dan memproses sinyal - sinyal dari satelit. Antena adalah salah satu komponen utama dari GPS receiver yang akan memproses sinyal-sinyal yang diterima sehingga akan sangat menentukan kinerja dari perangkat penerima GPS itu sendiri.

Perkembangan zaman dari hari ke hari juga menuntut alat-alat yang diciptakan berdimensi kecil. Oleh karena itu, pada Tugas Akhir ini akan dirancang suatu antena penerima GPS dengan menggunakan antena mikrostrip sehingga mudah diintregasikan dengan perangkat komunikasi GPS. Perancangan antena dilakukan dengan teknik slot rectangular array yang dapat bekerja pada frekuensi GPS L1 1575,42 GHz, dengan pencatuan microstrip line. Untuk perancangan dimensi dan spesifikasi yang diinginkan dari antena penerima tersebut, dilakukan perhitungan secara teori dan disimulasikan dengan menggunakan bantuan software Ansoft HFSS 12. Selanjutnya akan dilakukan realisasi (implementasi) antena dengan fabrikasi dan pengujian parameter-parameter antena.

Dari hasil perancangan dengan menggunakan Ansoft HFSS 12 didapatkan hasil yang sesuai dengan spesifikasi antena, dengan batas VSWR ≤ 1,3 dan gain hasil pengukuran diperoleh sebesar 5,6 dBi.Kata Kunci : antena mikrostrip, slot rectangular array, GPSABSTRACT: Human need for location accuracy and tracking where something or someone is encouraging the creation of a tool / device that we are familiar with GPS. GPS (Global Positioning System) is a radio-based navigation system that provides information on the position coordinates, speed, and time to the GPS users around the world. Users of this GPS system requires a GPS signal receiving equipment (GPS receiver) to receive and process signals from satellites. The antenna is one of the main components of the GPS receiver to process signals received so that will largely determine the performance of the GPS receiver itself.

The times of day to day also demand the tools that created small dimension. Therefore, this thesis will be designed a GPS receiver antenna using microstrip antenna that so easy to be integrated with GPS communication device. Antenna design was done by using rectangular slot arrays that can work in the L1 GPS frequency of 1575.42 GHz, with a feeding microstrip line. To design the desired dimensions and specifications of the receiving antenna, is calculated theoretically and simulated using Ansoft HFSS software support 12. Next will be the realization (implementation) antenna with fabrication and measuring of antenna parameters.

From the result of the design using Ansoft HFSS 12 obtained results in accordance with the specifications of the antenna, with a limit of ≤ 1.3 VSWR and gain measurement results obtained by 5.6 dBi.Keyword: microstrip antenna, slot rectangular array, GPS

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP SLOT RECTANGULAR ARRAY UNTUK APLIKASI GPS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELVANI MARCELIN PONTOAN
Perorangan
Budi Prasetya, DR. YUYU WAHYU.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini