Deteksi dan Interpretasi Sinyal Akustik Side Scan Sonar (Studi Kasus Laut Maluku Utara)

Sri Suryani Nasution

Informasi Dasar

111070237
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sinyal akustik merupakan sinyal suara yang dihasilkan dari alat-alat yang menjadi sumber bunyi. Salah satu alatnya adalah Side Scan Sonar. Alat ini merupakan pendeteksi dan penginterpretasi dasar laut dengan cara menembakkan bunyi ke dasar laut, dan menunggu suara pantulannya. Berdasarkan waktu pemantulannya, dari benda yang ditabrak oleh bunyi tersebut dapat membentuk sinyal-sinyal pantul yang direkam oleh recorder di Side Scan Sonar tersebut.

Dalam tugas akhir ini, penulis melakukan analisa dan perhitungan matematis secara manual untuk menentukan jenis benda yang ditabrak oleh sinyal akustik tersebut. Dengan mengacu pada cara manual tersebut, dibuatlah suatu program yang langsung dapat mendeteksi jenis sedimen dari sinyal akustik Side Scan Sonar. Data sinyal akustik SSS diperoleh dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Laut (P3GL), Bandung, Jawa Barat. Sinyal dari laut akan dibaca dengan program Seisee dan diolah dengan menggunakan Matlab 7.9.0.Penelitian ini menggunakan data Laut Maluku Line 7, Line 9, Line 13, Line 16 dan Line 17.

Pembuatan program sistem deteksi sinyal laut ini bertujuan untuk memudahkan orang awam, mahasiswa geologi dan para staff di P3GL untuk menganalisis benda di dasar laut, dan dapat digunakan untuk kepentingan banyak pihak (untuk pembangunan fiber optic di dasar laut, pengeboran minyak,eksploitasi dasar laut, dan sebagainya).

Setelah dilakukan perhitungan koefisien pantul dan impedansi akustik pada Laut Maluku tersebut, ditemukan bahwa jenis sedimen yang mendominasi permukaan dasar laut tersebut adalah lempung, kemudian pasir, dan yang paling sedikit adalah batu gamping.

Kata Kunci : Side Scan Sonar, Program Deteksi, Dasar Laut, P3GL, Laut Maluku Utara.ABSTRACT: Acoustic signal is a sound signal from sound source tools. One of the tool is Side Scan Sonar. This tool can detect and interpret sea floor by shooting sound to the sea floor and waiting for reflection sound. On the strength of the reflection time, Side Scan Sonar will record the reflection signal.

In this final task, writer do analyses and some mathematics calculation for determine thing which hit by the acoustic signal. From this way, made a program which is can detect and calculate acoustic signal directly. The data is taken from P3GL, Bandung, West Java. The sea signal will read with Seisee program and will processing with MATLAB 7.9.0. In this case of research is applying for Maluku Sea Line 7, Line 9, Line 13, Line 16 dan Line 17.

Detection’s program of this signal is purpose for help ordinary people, geology’s students, and P3GL official for analyses things in sea floor and public interest (e.g. for building fiber optic in the sea floor, sea floor exploitation, etc).

The calculation result from reflection coefficient and acoustic impedance of Maluku Sea, found that the clay is dominate all of sea floor, then sands, and the least is limestone.

Keyword: Side Scan Sonar, Detection Program, sea floor, P3GL, North Moluca Sea.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Deteksi dan Interpretasi Sinyal Akustik Side Scan Sonar (Studi Kasus Laut Maluku Utara)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sri Suryani Nasution
Perorangan
Suwandi, Rita Magdalena
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini