REALISASI ANTENA SUSUNAN MIKROSTRIP LINGKARAN PADA FREKUENSI (2,35-2,45) GHz DENGAN TEKNIK PENCATUAN ELECTROMAGNETICALLY COUPLED (EMC) UNTUK APLIKASI WIMAX

Okky Faisal Wijatnaka

Informasi Dasar

111070236
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi komunikasi mobile wireless semakin cepat dan beragam. Saat ini dan di masa yang akan datang, komunikasi tidak hanya menggunakan layanan suara saja, tetapi mulai memasuki layanan data yang memerlukan bandwidth yang cukup lebar. Pada tugas akhir ini dirancang dan direalisasikan antena susunan mikrostrip lingkaran pada frekuensi (2,35-2,45) GHz yang dapat digunakan untuk mendukung teknologi WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) sebagai solusi untuk memenuhi perkembangan tersebut. WIMAX merupakan teknologi wireless broadband yang memiliki jangkauan yang jauh dan sesuai untuk transmisi pada daerah urban.

Hal yang dilakukan adalah menghitung dimensi antena secara teori dan kemudian menggunakan software Ansoft HFSS 11 sebagai alat simulasi sebelum melakukan pabrikasi. Hasil simulasi yang diperoleh akan diimplementasikan menggunakan substrat udara. Metode yang digunakan dalam membuat antena mikrostrip ini adalah dengan teknik pencatuan Electromagnetically Coupled (EMC).

Prototype dibuat sesuai dengan pemodelan simulasi dan hasil yang didapatkan pada pengukuran frekuensi untuk VSWR ≤ 1,5 dan gain yang ingin dicapai dalam tugas akhir ini adalah ≥ 8 dBi, yaitu pada range frekuensi (2,35-2,45) GHz. Kemudian untuk pola radiasi antena adalah unidirectional.Kata Kunci : Antena Mikrostrip, WIMAX, substrat udara, Electromagnetically Coupled (EMC)ABSTRACT: The development of wireless mobile communication technology is getting faster and diverse. Today and in the future, communication not only using voice-only services, but began to use data services that require a wide bandwidth. At this final project, is designed and realized the microstrip circular array antena on the frequency range (2.35 to 2.45) GHz which can be used to support WiMAX technology (Worldwide Interoperability for Microwave Access) as a solution to for these developments. WiMAX is a broadband wireless technology that has a far and suitable range for transmission in urban areas.

Thing to do is calculate the dimensions of the antenna in theory, and then using the Ansoft HFSS 11 software as a simulation tool before manufacturing. The simulation results will be implemented using air substrate. The exitation method that used in this making of microstrip antenna is an Electromagnetically Coupled (EMC) technique.

Prototype is made according to the model and simulation results, which is obtained in the measurement frequency for VSWR ≤ 1.5 and the gain to be achieved in this thesis is ≥ 8 dBi, which is in the (2.35 to 2.45) GHz frequency range. Then the antenna’s radiation pattern is unidirectional.Keyword: Microstrip antenna, WIMAX, air substrate, Electromagnetically Coupled (EMC)

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

REALISASI ANTENA SUSUNAN MIKROSTRIP LINGKARAN PADA FREKUENSI (2,35-2,45) GHz DENGAN TEKNIK PENCATUAN ELECTROMAGNETICALLY COUPLED (EMC) UNTUK APLIKASI WIMAX
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Okky Faisal Wijatnaka
Perorangan
Budi Prasetya, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini