IMPLEMENTASI MULTIPATH TCP PADA JARINGAN WIRED DAN WIRELESS (IMPLEMENTATION OF MULTIPATH TCP OVER WIRED AND WIRELESS NETWORK)

Wildan Gumilar

Informasi Dasar

111070198
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan dunia telekomunikasi khususnya pada jaringan internet akan semakin memudahkan manusia untuk saling berbagi informasi dan melakukan berbagai hal lainnya. Dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan informasi, maka traffic yang terjadi pun akan semakin besar. Sehingga dibutuhkan suatu cara untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan dari layanan yang diinginkan. Kita dapat mengatasi hal ini dengan melakukan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menggunakan Multipath TCP.

Transport control protocol merupakan salah satu protokol yang masih banyak digunakan saat ini. Biasanya dalam komunikasi TCP hanya digunakan satu jalur, sehingga jika jalur tersebut putus, maka komunikasi akan berakhir. Oleh karena itu, MPTCP dapat mengatasi hal tersebut dengan menggunakan beberapa jalur baik wired maupun wireless secara sekaligus. Pada tugas akhir ini, implementasi MPTCP telah dilakukan dan pengujian mengenai MPTCP pada jaringan wired dan wireless telah dilakukan.

Pengujian performansi MPTCP yang menggunakan jaringan wired dan wireless pada layanan FTP dan HTTP telah dilakukan. Dari hasil pengukuran pada layanan FTP, terdapat peningkatan throughput dari 74,445 Mbps untuk regular TCP menggunakan satu buah ethernet menjadi 152,612 Mbps untuk MPTCP dengan dua buah ethernet dan 131,969 Mbps untuk MPTCP dengan dua buah ethernet dan satu buah wireless adapter. Selain peningkatan throughput, MPTCP juga dapat melakukan failover ketika terjadi failure dengan waktu rata-rata 0,064 ms.Kata Kunci : MPTCP, Wireless, Wired, Throughput, Transport LayerABSTRACT: The telecommunication growth especially in computer networking technology has grown very fast. This will help people to ease their job and to share the information. Thus the need of high data rate and bandwidth will become crucial. So, we need a method to improve our quality and speed of existing network with various ways. One of many ways is by implementing Multipath TCP.

Transport control protocol (TCP) is an important protocol that widely used in today network. It delivers a reliable and connection oriented communication. There is so many algorithm that can increase the performance of TCP, one of them is Multipath TCP. MPTCP is a protocol that has been developed by a workgroup on IETF and many developer around the world. The main idea of Multipath TCP is by using multiple interface simultanously on the end host that has a reliable and connection oriented communication to increase the data rate. On this research, the implementation of MPTCP and performance testing on both wired and wireless interface has been performed.

On this research, several scenario to testing the performance of Multipath TCP using wired and wireless network has been performed. From the scenario testing, there is an improvement of throughput value from 74,445 Mbps to 152,612 Mbps (using MPTCP with two wired interface) and 131,969 Mbps (using MPTCP with two wired interface and one wireless interface). Besides increased throughput value, MPTCP also could doing failover when failure happened.Keyword: MPTCP, Wireless, Wired, Throughput, Transport Layer

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

IMPLEMENTASI MULTIPATH TCP PADA JARINGAN WIRED DAN WIRELESS (IMPLEMENTATION OF MULTIPATH TCP OVER WIRED AND WIRELESS NETWORK)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wildan Gumilar
Perorangan
Rendy Munadi, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini