PENGHILANGAN KABUT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DARK CHANNEL PRIOR

LUTHFI ARKANUDDIN

Informasi Dasar

111070175
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Citra yang dapat berupa gambar atau foto merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengabadikan suatu kejadian untuk dikenang dalam waktu lama. Foto yang diambil tidak semuanya direncanakan terlebih dahulu. Ada kemungkinan pada saat ingin mengambil gambar atau foto kondisi cuaca sedang tidak mendukung sehingga gambar atau foto yang didapatkan memiliki kualitas yang kurang memuaskan. Tidak semua kejadian dapat terulang dan tidak setiap pemandangan akan sama pada waktu yang berbeda. Hal ini yang menjadikan ide utama untuk membuat suatu sistem untuk mereka yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengambil gambar atau foto diluar ruangan.

Dalam tugas akhir ini, telah dirancang sebuah sistem yang mampu menghilangkan noise, efek kabut. Dari citra masukkan akan di cari lapisan noise dengan menggunakan metode Dark Channel Prior yang merupakan lapisan hitam dari citra masukkan yang nantinya akan melewati beberapa proses, diantaranya adalah soft matting sehingga menghasilkan suatu lapisan yang dianggap sebagai lapisan kabut pada citra masukkan. Perangkat lunak yang akan digunakan pada tugas akhir kali ini adalah Matlab R2009a.

Keluaran yang diperoleh adalah suatu gambar yang sudah dipisahkan dengan efek kabut dengan kualitas yang lebih baik. Dengan menggunakan ukuran window slide diantara 10 dan 20, nilai intesnsitas hilang diantara 0,9 dan 1, dan nilai t0 diantar 0,2 dan 0,4. Maka keluaran sistem memiliki kualitas yang lebih baik dengan nilai PSNR 13,35 dB, nilai CC 0,84, waktu komputasi 19,59 detik.Kata Kunci : Kabut, Citra Digital, Dark Channel Prior, Soft MattingABSTRACT: The image can be either pictures or photos is one of many way that is very often used to capture an event that will be remembered for a long time. Photos taken are not all planned in advance. There is a possibility at the time wanted to take a picture or photograph the weather conditions are not as good as we want, so that pictures or photos that we take will have an unsatisfactory quality. Not all events can happen every time and not every scenery will be the same at different times. This is what makes the idea to create a system for those who do not have much time to take outdoor pictures or photos.

In this research, has designed a system that capable of eliminating noise, haze effect. From the input image the system will be looking for the noise layer using the Dark Channel Prior method.Which is a black layer of the input image and will be put through several processes, including the soft matting so as to produce a coating which is considered as noise or haze layer from the input image. Software that used in this research is Matlab R2009a.

The output obtained is an image that has been seperated with the haze effect with a better quality. By using slide window size between 10 and 20, intensity of disappearances between 0.9 and 1, and t0 values between 0.2 and 0.4 then the output from the system has a better quality. With an PSNR value of 13.35 dB, the CC value is 0.84, and computational time 19.59 seconds.Keyword: Haze, Digital Image, Dark Channel Prior, Soft Matting

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PENGHILANGAN KABUT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DARK CHANNEL PRIOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUTHFI ARKANUDDIN
Perorangan
Bambang Hidayat, Ledya Novamizanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini