Analisis Perancangan Jaringan GSM-R (Global System for Mobile Communication-Railway) untuk Komunikasi Train Dispatching di Koridor Jakarta-Bandung

Adiet Andriancoko

Informasi Dasar

111070171
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi transportasi di Indonesia sudah berkembang pesat, khususnya transportasi kereta api yang dikelola oleh PT KAI (persero). Hal ini harus ditunjang dengan sistem telekomunikasi yang baik di dalam jaringan kereta api sendiri demi kenyamanan dan keamanan bersama. Masalah yang dihadapi oleh PT. KAI (persero) adalah sistem telekomunikasi yang masih manual dengan teknologi yang masih tertinggal dari negara-negara di Eropa. PT. KAI (persero) masih menggunakan kabel tembaga dan sudah ada yang menggunakan kabel optik untuk keperluan pensinyalan.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengimplementasikan Global System Mobile – Railway atau GSM-R pada jaringan perkeretaapian Indonesia. GSM-R adalah jaringan telekomunikasi khusus digunakan untuk kelancaran perjalanan, keamanan, dan kenyamanan dalam menggunakan kereta api. Dengan melihat kinerja GSM-R yang terbukti sukses di negara-negara Eropa, GSM-R di Indonesia diharapkan bisa mengatasi masalah komunikasi khususnya dalam komunikasi train dispatching. Dengan memperhatikan frekuensi uplink dan downlink, ketersediaan BTS, dan regulasi pemerintah mengenai penggunaan kanal frekuensi bersama.

Perancangan ini bertujuan untuk mengetahui coverage dan kapasitas jaringan GSM-R untuk diterapkan di jalur kereta api. Hasil perhitungan diperoleh total kebutuhan trafik sebesar 1,467 erlang. Berdasarkan tabel erlang dengan probabilitas blocking 1 %, maka jumlah kanal yang diperlukan hanya 6 kanal. Hasil perhitungan MAPL menghasilkan jari-jari sel minimum adalah 5,322 kilometer. Daya transmisi BTS maksimal adalah sebesar 41,529 dBm atau 7,127 watt dan minimal sebesar 32,995 dBm atau 1,993 watt. Untuk jaringan backhaul hanya diperlukan kanal sebesar 1 E1. Dari hasil simulasi dapat disimpulkan bahwa kualitas level sinyal dapat mencapai hingga -95 dBm.

Kata Kunci : GSM-R, frekuensi uplink dan downlink, BTS, train dispatchingABSTRACT: Transport technology in Indonesia has been growing rapidly, especially railway transport which is managed by PT KAI (Persero). This should be supported with good telecommunication system in railway network for the comfort and security together. The problems are their telecommunication system which still manual with the technology still lags behind countries in Europe. PT. KAI (Persero) still uses existing copper wires and optical cables are used for signaling purposes.

One solution to overcome these problems is to implement the Global System Mobile - Railway or GSM-R on the railway network of Indonesia. GSM-R is a specialized telecommunications networks used to smooth travel, safety, and comfort in using the train. GSM-R in Indonesia is expected to solve communication problems especially in communications with consider to the frequency of train dispatching uplink and downlink, the availability of base stations, and government regulations regarding the use of frequency channels together.

The design aims to determine the coverage and capacity of GSM-R network to be applied on a railway. Calculation results obtained for the total traffic requirement of 1,467 erlangs. Based on erlang tables with 1% blocking probability, then the number of channels required only 6 channels. The results of MAPL calculations produce the minimum cell radius is 5,322 kilometers. BTS maximum transmission power is equal to 41.529 dBm or 7.127 watts and minimum 32.995 dBm or 1.993 watts. For the backhaul network is only required for an E1 channel. From the simulation results can be concluded that the quality level of the signal can reach up to -95 dBm.Keyword: GSM-R, frekuensi uplink dan downlink, BTS, train dispatching

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis Perancangan Jaringan GSM-R (Global System for Mobile Communication-Railway) untuk Komunikasi Train Dispatching di Koridor Jakarta-Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Adiet Andriancoko
Perorangan
Nachwan Mufti, Chomsa Hidayat ..
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini