ANALISA PERFORMANSI LAYANAN TRIPLE PLAY PADAJARINGAN VPN MPLS-TE

ANDI M. RIZKI

Informasi Dasar

111070151
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Quality of Service (QoS) merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu sistem komunikasi. Banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam mendapat nilai kualitas yang baik pada jaringan. Pengadaan bandwith yang besar merupakan salah satu alternatif, namun hal ini menjadi tidak efektif karena trafik yang dilewatkan tidak secara terus menerus memiliki nilai trafik yang besar. Untuk meningkatkan kinerja jaringan yang dapat dilakukan antara lain differential service, resource reservation protocol (RSVP), multi protocol label switching (MPLS), dan penggunaan manajemen routing. Multi-Protocol Label Switching (MPLS) adalah suatu metode forwarding data melalui suatu jaringan dengan menggunakan informasi dalam label yang dilekatkan pada paket IP. Contoh layanan yang disediakan oleh MPLS adalah VPN (Virtual Private Network). Layanan ini mengimplementasikan sebuah jaringan pada infrastruktur jaringan yang lebih besar yang menyediakan jasa sewa dan keamanan pada jaringan tersebut Penambahan fungsi Traffic Engineering dapat mengefisienkan MPLS VPN.

Pada tugas akhir ini dilakukan pengujian dengan tiga skema yaitu membandingkan performansi dari teknologi MPLS VPN, MPLS-TE dan VPN MPLS-TE. Performansi dilihat dari beberapa parameter QoS yaitu berupa delay, packet loss, jitter dan throughput.

Dari hasil testbed yang dilakukan di laboratorium didapatkan bahwa penggunaan MPLS-TE dapat menghasilkan QoS yang cenderung lebih baik dibandingkan dengan VPN MPLS maupun VPN MPLS-TE untuk layanan triple play. Dilihat dari hasil delay, mengalami perbaikan sebesar 4,44 ms untuk aplikasi video dan 3.29 ms untuk aplikasi voice, dan juga throughput, packet loss, jitter yang didapat dari jaringan yang menggunakan teknologi MPLS-TE menunjukkkan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan jaringan MPLS menggunakan VPN.Kata Kunci : MPLS, MPLS-TE VPN, QOS, Triple PlayABSTRACT: Quality of Service (QoS) is an important thing to consider in a communication system. Many considerations to consider in getting a good quality value on the network. Procurement of a large bandwidth is one alternative, but it is becoming ineffective due to traffic that is passed does not continually have a large traffic values. To improve network performance that can be done, among others, differential service, resource reservation protocol (RSVP), multi-protocol label switching (MPLS), and the use of routing management.

Multi-Protocol Label Switching (MPLS) is a method of forwarding data across a network using the information in the label attached to the IP packet. Examples of services provided by MPLS VPN (Virtual Private Network). This service implements a network on a larger network infrastructure that provides rental services and the addition of security on the network traffic engineering functions can streamline the MPLS VPN.

From the results of testbed in the laboratory found that the use of MPLS-TE can produce that tends to be better QoS compared to VPNs and MPLS VPN MPLS-TE for triple play services. Judging from the results of delay, improved by 4.44 ms for video applications and 3:29 ms for voice applications, as well as throughput, packet loss, jitter obtained from the network using MPLS-TE technology, indicating a better value compared to the MPLS network using VPN.Keyword: MPLS, MPLS-TE VPN, QOS, Triple Play

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISA PERFORMANSI LAYANAN TRIPLE PLAY PADAJARINGAN VPN MPLS-TE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI M. RIZKI
Perorangan
Indrarini Dyah Irawati, Iikmal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini