KONVERSI NOTASI BALOK MENJADI NADA BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING

EVA SEVIANA SITOMPUL

Informasi Dasar

111070118
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada masa sekarang, teknologi pengolahan citra semakin berkembang. Banyak aplikasi pengolahan citra yang sangat bermanfaat untuk keperluan deteksi, konversi, sekuriti, dan lainnya, sehingga banyak bidang yang menggunakan pengolahan citra sebagai teknologi dasar untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang berkaitan. Dalam bidang musik, partitur merupakan suatu hal yang sangat penting. Partitur adalah alat bantu bagi seorang penyanyi atau musisi dalam bernyanyi atau memainkan alat musik. Partitur berisi susunan nada-nada yang harmonis yang disusun oleh pengarang. Oleh karena itu, untuk mendapatkan nada- nada yang harmonis, sangat dibutuhkan ketepatan dalam membaca not-not dalam partitur.

Pada tugas akhir ini, dikembangkan suatu aplikasi untuk mengkonversikan not balok pada suatu data gambar yang berasal dari pemindahan hardcopy (scanning) partitur keluaran dari sebuah software penulisan notasi, menjadi nada. Sistem ini dibuat dengan tujuan untuk optimasi terhadap pembacaan not balok yang biasanya dilakukan secara manual. Klasifikasi Ciri pada Tugas Akhir ini menggunakan template matching, dimana template matching ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana mengenali kembali bentuk sebuah karakter.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan 56 citra, system yang dirancang telah mampu mengkonversi citra notasi balok menjadi nada, dengan tingkat akurasi 82,14% dengan banyak notasi yang ebrbeda dan waktu komputasi 3,7 detikKata Kunci : Kata kunci: not balok, partitur, citra digital, template matching, scanningABSTRACT: Now days image processing technology is growing so fast. Many applications of image processing that very useful for detection, conversion, security obligation and others, so many aspect use image processing as a basic technology to help them solve their problem. In music aspect, musical script is a most important thing. Musical script is an equipment to help a singer or musician when they are singing or playing music instrument. Musical script consist of harmonic composition of musical notes that has been set by the composer. Because of that, to get the harmonic tone, the precise in reading

In this final project, was improved an application to convert a musical script into tones in an image data that come from musical script scanning as an output from writer script notation software, into tones. This system is made to optimize reading musical notes that always been done manually. This final project use template matching as a feature classification which is template matching is use to explain how we can recognize a character of musical notation.

Based on the result of the research has been done on 56 images which is designed system has been able to convert a musical script images to tones with an accuracy of differences notation 82,14%, and 3.72 seconds of computation time.Keyword: musical notation, musical script, digital image, template matching, scanning

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

KONVERSI NOTASI BALOK MENJADI NADA BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EVA SEVIANA SITOMPUL
Perorangan
Rita Magdalena, Achmad Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini