Perancangan dan Implementasi antenna Wideband E-shaped Pada frekuensi 1.8GHz- 2.4 GHz

Evyta Angelya

Informasi Dasar

111070070
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini kebutuhan pasar telekomunikasi mengarah pada penyaluran informasi dalam kapasitas yang besar, sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi yang dapat bekerja dengan bandwidth yang lebar atau wideband.

Antena mikrostrip merupakan salah satu jenis antena yang berbentuk papan tipis dan mampu bekerja pada frekuensi yang tinggi. Kelemahan dari antena ini salah satu nya adalah cakupan bandwidth yang sempit. Banyak cara yang telah dilakukan untuk mengatasi hal ini, diantaranya adalah dengan menggunakan elemen parasitik, menambah ketebalan substrate, memperkecil konstanta dielektrik, atau dengan melakukan modifikasi patch seperti antena U-shaped, V-shaped, S-shaped dan juga E-shaped.

Antena E- Shaped adalah antena mikrostrip persegi panjang yang memodifikasi bentuk radiator patch antena untuk memperlebar Bandwidth sehingga berkarakteristik wideband. Hasil yang dicapai dalam pada Tugas Akhir ini adalah telah berhasil dirancang serta direalisasikan antena wideband mikrostrip persegi panjang termodifikasi yang membentuk huruf E dan bekerja pada frekuensi 1.792 – 2.416 GHz dengan VSWR ≤ 1.8. Kemudian untuk pola radiasi antena adalah mendekati Unidirectional dengan penguatan yang mampu dicapai antena ini 8.65 dBi.Kata Kunci : Wideband, Antena Mikrostrip persegi panjang, E-shapedABSTRACT: Currently, the telecommunication market needs aim to the distribution of information in large capacity which requires broadband networks with reliable system performance. Therefore, an antenna which has the ability for the whole various needs of these different communications is needed.

Microstrip antenna is a type of antenna in the form of a thin board and able to work at high frequencies. One of the weaknesses of this antenna is narrow scope bandwidth. There are many ways have been made to overcome this problem, such as by using parasitic elements, adding the thickness of substrate, decreasing the dielectric constant, or by modifying the patch such as U-shaped antenna, V-shaped, S-shaped, or E-shaped antenna.

E-shaped antenna is a rectangular microstrip antenna which is modifying the shape of radiator patch for widening the bandwidth. Prototype that has been made in accordance with the design and simulation and the result is to have successfully designed and implemented antenna wideband modified form letter E and works in the range frequency of 1.77GHz- 2.44 with VSWR ≤ 1.8. Other specification for the antenna radiation pattern is desired unidirectional and gain of 8.65 dBi can be achieved.Keyword: Wideband, Rectangular Microstrip Antennas, E-Shaped

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi antenna Wideband E-shaped Pada frekuensi 1.8GHz- 2.4 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Evyta Angelya
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini