IMPLEMENTASI TUNER GITAR BERBASIS FAST FOURIER TRANSFORM

111070067

Informasi Dasar

111070067
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Gitar adalah alat musik yang sangat populer di seluruh dunia. Dapat kita temui berbagai kalangan mengenal dan memainkan alat musik ini. Untuk menghasilkan nada yang harmonis dan tepat, senar pada gitar memerlukan penalaan (tuning) yang baik. Sayangnya, ini merupakan salah satu masalah yang cukup rumit, terutama bagi para pemula. Karena dibutuhkan pendengaran yang sangat akurat dan teliti untuk menyatakan apakah nada-nada pada senar tersebut sudah akurat (tune) atau masih belum akurat.

Dalam Tugas Akhir ini, dirancang sebuah sistem tuner gitar berbasis Fast Fourier Transform. Metode ini mengamati spektrum suara gitar yang dimainkan langsung (real time) dari gitar yang terhubung pada perangkat laptop melalui soundcard dan konektor mini jack. Akan diamati besarnya magnitudo dari spektrum sinyal suara dan akan dilakukan klasifikasi pada daerah di sekitar puncak (peak) pertama yang terjadi pada spektrum untuk mendeteksi frekuensi dari nada yang dimainkan.

Dalam pengujiannya, didapatkan sebuah sistem yang optimal dengan akurasi pembacaan nada 100% dengan akurasi pembacaan frekuensi sebesar 99,4984% ketika menggunakan parameter treshold 0.01 dan window rectangular. Jumlah titik FFT yang optimum adalah 131072 titik dengan rata-rata waktu komputasi sebesar 0,05168 detik.Kata Kunci : Gitar, FFT, Frekuensi, Penalaan, Real TimeABSTRACT: Guitar is a popular musical instrument all over the world. We can find so many people playing this instrument. To produce a harmonious and appropriate sound, the strings of the guitar need to be tuned well. But, this is one of a problem, especially for beginner . Because we need a very accurate hearing to say that the note of the strings is tuned or not.

In this Final project, the guitar tuner is designed based on Fast Fourier Transform. This method observe the spectrum of real time guitar sound which connected to the laptop by soundcard and mini jack connector. We will observe the magnitude of the sound spectrum and classify the vicinity of first peak along the spectrum to detect the fundamental frequency of the tone played.

In the design, we get the optimum system with 100% accuracy of tone reading, and 99,4984% accuracy of frequency detection when we used 0.01 treshold and rectangular window. The optimum number of FFT bin’s is 131072 with time average 0,05168 secondsKeyword: Guitar, FFT, Frequency, Tuning, Real Time

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

IMPLEMENTASI TUNER GITAR BERBASIS FAST FOURIER TRANSFORM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

111070067
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini