PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MICROSTRIP BENTUK FRAKTAL SIERPISNKI GASKET PADA BEBERAPA RANGE FREKUENSI (MULTIBAND) DENGAN MENGGUNAKAN SUBSTRAT ROGERS 4003

Iqbal Adhiyogo

Informasi Dasar

111070058
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Peningkatan kebutuhan masyarakat akan komunikasi dengan orang lain kapanpun dan dimanapun membuat perkembangan teknologi komunikasi khususnya di bidang wireless kian berkembang cepat. Tidak cuma teknologi wireless yang berkembang, tetapi semakin berkembang juga teknologi yang bersifat multitasking dimana dalam satu perangkat dapat memiliki fungsi lebih dari satu yang memanfaatkan teknologi multiband. Salah satu bagian yang paling penting untuk merealisasikan hal tersebut adalah antena.

Antena fraktal merupakan antena yang memiliki geometri fraktal sehingga dapat menghasilkan beberapa range frekuensi atau multiband dengan dimensi yang kecil dan memiliki gain yang cukup besar. Sedangan antena cetak atau printed antenna merupakan jenis antena yang memiliki bentuk yang tipis, ringan, dan simple sehingga cocok untuk digunakan di teknologi wireless.

Dalam tugas akhir kali ini, akan dirancang antena mikrostrip berbentuk fraktal sierpinski gasket yang bekerja pada 4 frekuensi dengan mengunakan substrat Rogers 4003. Antena dirancang agar dapat bekerja pada frekuensi 1.8 GHz, 3.6 GHz, 7.2 GHz, dan 14,4 GHz dengan nilai VSWR ≤ 2. Untuk perancangan dan simulasi antena ini, penulis menggunakan bantuan software 3D Simulator, untuk mendapatkan dimensi dan spesifikasi yang diinginkan. Selanjutnya akan dilakukan realisasi antena dengan pabrikasi dan pengujian parameter-parameter antena.

Kata Kunci : antena fraktal, substrat Rogers 4003, fraktal sierpinski gasket, multibandABSTRACT: To improved communication needs of the community with other people anytime and anywhere to make technological progress, especially in the field of wireless communications growing rapidly. Not only that develops wireless technology, but also increasingly developing technology that is multitasking where in one device can have more than one function that uses multiband technology. One of the most important part to realize this is the antenna

Fractal antenna is an antenna that has a fractal geometry that can result in some frequency resonant or multiband with small dimensions and has a big gain. While the printed antenna is a type of antenna that has the form of a thin, lightweight, and simple making it suitable for use in wireless technology.

In this final task, will be designed fractal-shaped microstrip antennas Sierpinski gasket that works on 4 frequencies using Rogers 4003 substrate. The antenna is designed to operate at a frequency of 1.8 GHz, 3.6 GHz, 7.2 GHz, and 14.4 GHz with VSWR ≤ 2. For this antenna design and simulation, the authors use 3D Simulator software assistance, to obtain the desired dimensions and specifications. Next will be the realization of the antenna with the fabrication and testing of antenna parameters.

Keyword: fractal antenna, substrate Rogers 4003, fractal Sierpinski gasket, multiband

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MICROSTRIP BENTUK FRAKTAL SIERPISNKI GASKET PADA BEBERAPA RANGE FREKUENSI (MULTIBAND) DENGAN MENGGUNAKAN SUBSTRAT ROGERS 4003
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Iqbal Adhiyogo
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini