Pengukuran dan Analisis Spectrum Occupancy dengan Metode Deteksi Energi pada Band Frekuensi GSM untuk Aplikasi Cognitive Radio

innayah nurlia roza

Informasi Dasar

111070057
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pengelolaan terhadap keterbatasan alamiah pada alokasi sumber data frekuensi di semua negara di seluruh dunia merupakan pendorong utama bagi pengembangan teknologi nirkabel. Cognitive radio muncul sebagai jawaban dari permasalahan pemanfaatan spektrum frekuensi pada waktu dan frekuensi yang kosong. Penelitian tentang cognitive radio di beberapa negara dimotori dengan adanya suatu penelitian tentang belum efektifnya penggunaan frekuensi yang telah ditetapkan secara regulasi dilihat dari waktu dan frekuensinya. Tugas akhir ini akan mengukur seberapa besar nilai spectrum occupancy pada suatu slot frekuensi tertentu yang ditetapkan, dalam hal ini adalah frekuensi GSM 1800 MHz sebagai frekuensi GSM yang sering digunakan untuk komunikasi mobile. Skenario yang digunakan akan didasarkan pada waktu pengambilan dan juga rentang frekuensi pengukuran.

Pengukuran dilakukan dengan memasang antena yang berfungsi sebagai penerima pada rentang frekuensi tersebut, lalu dihubungkan pada spectrum analyzer untuk dideteksi ada tidaknya penggunaan frekuensi yang direkam dalam satu minggu secara sampling setiap 15 menit sekali. Dari hasil rekam tersebut, kemudian data akan dihitung menggunakan bantuan software Microsoft Excel dengan metode energy detection yang akan menghitung secara keseluruhan persentase penggunaan frekuensi selama waktu sampling. Hasil akhir dari pengukuran ini adalah nilai persentase penggunaan frekuensi yang disebut dengan duty cycle.

Diperoleh hasil duty cycle total sebesar 15,48% dengan kependudukan spektrum pada downlink 0,05% dan pada uplink 31,1%. Dari hasil duty cycle total tersebut diestimasi bahwa penggunaan frekuensi hanya efektif pada 23,22 MHz.

Kata Kunci : cognitive radio, spectrum occupancy, frekuensi, energy detection, duty cycle.ABSTRACT: Management on frequency resources as limited resources in world countries become the background in today’s wireless development. Cognitive radio come as the answer for spectrum frequency management problem according to specfic time and place. Study on cognitive radio in several countries is started by unefficient use for several lisence spectrum based by time and frequencies. This final year project will measure how is the value of spectrum occupancy for GSM 1800 MHz as GSM frequency which mostly used for mobile communication. Scenario used in this final year project will be based on measurement time and frequency span.

Measurement is done by placing antenna worked as receiver for specific frequencies to be connected for spectrum analyzer to be detected on usage and then connected to the computer and recorded for a week by sampling it every 15 minutes. From those result, the data will then counted using Microsoft Excel by using energy detection methode which will count the whole usage percentage within sampling time. The result from this measurement is percentage value from frequency used which then called as duty cycle.

As a result, total duty cycle is around 15,48% with spectrum usage for downlink only 0,05% and uplink 31,1%. From those amount, it is stated thaat the duty cycle only effective for 23,22 MHz.

Keyword: cognitive radio, spectrum occupancy, frekuensi, energy detection, duty cycle.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Pengukuran dan Analisis Spectrum Occupancy dengan Metode Deteksi Energi pada Band Frekuensi GSM untuk Aplikasi Cognitive Radio
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

innayah nurlia roza
Perorangan
Heroe Wijanto, Budi Prasetya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini