ANALISIS PENGARUH JUMLAH DAN MOBILITAS PENGGUNA TERHADAP JUMLAH SUBCARRIER OPTIMAL PADA SISTEM WIRELESS MC CDMA

AHMAD HENRY MACHSUNI

Informasi Dasar

111070003
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Multi-Carrier Code Division Multiple Access (MC-CDMA) menawarkan fleksibilitas, kehandalan, dan khususya efisiensi spektral yang sangat tinggi dalam komunikasi wireless. Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi baru sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akses manusia dalam berkomunikasi. Sistem MCCDMA telah menjadi skema akses jamak yang sangat menjanjikan, khususnya untuk downlink pada jaringan wireless. Oleh karena itu, sistem ini sangat cocok untuk komunikasi masa depan. Sistem ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan user dengan bandwidth pita lebar yang efisien dan lebih tahan terhadap distorsi kanal.

Pada Tugas Akhir ini dibuat simulasi untuk mengetahui bagaimana pengaruh jumlah dan mobilitas user terhadap jumlah subcarrier optimal dengan kriteria performansi. Pada penelitian ini diketahui berapa jumlah subcarrier yang efisien digunakan pada kondisi kanal tertentu. simulasi pada program MATLAB pada kondisi kanal AWGN dan fading terdistribusi Rayleigh. Sistem terintegrasi untuk arah downlik dengan multiuser. Outputnya yaitu bisa mengetahui jumlah subcarrier optimal yang digunakan. Analisis yang dilakukan adalah mengukur unjuk kerja sistem berdasarkan kinerja kualitas, yaitu dengan ukuran semakin rendah BER pada sinyal terima maka semakin baik unjuk kerja kualitasnya.

Hasil simulasi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecepatan akan mendekati keadaan time selectivity (fast fading) sehingga menyebabkan jumlah subcarrier yang melebihi jumlah optimal akan mengalami performansi yang buruk. Hal ini karena durasi simbol menjadi lebih lebar yang berakibat berkurangnya ketahanan simbol terhadap random FM Noise. Hasil penelitian didapat bahwa, pada kondisi 1 dan 2 user kecepatan 3 km/jam, 40 km/jam, 100 km/jam dan 150 km/jam masing-masing optimal pada 256, 64, 64 dan 16 subcarrier. Pada penambahan user tidak berpengaruh terhadap jumlah subcarrier optimal pada sistem MC-CDMA. Pada kondisi single user untuk kecepatan 3 km/jam penggunaan subcarrier antara 16, 32, 64, 128 dan 256 subcarrier, didapatkan subcarrier optimal pada 256 subcarrier. Hal ini juga berlaku pada multi user, penambahan jumlah user pada 2 dan 4 user tetap menunjukkan performansi yang sama untuk subcarrier optimal. Hal ini dikarenakan pada setiap subcarrier dipakai oleh semua user. Setiap user memakai subcarrier yang sama, yang membedakannya hanya kode spreading-nya.

Kata Kunci : MC-CDMA, SUBCARRIERABSTRACT: Multi-Carrier Code Division Multiple Access (MC-CDMA) offers flexibility, reliability, and especially very high spectral efficiency in wireless communication. Along with the development era, new technology is needed to meet human access to communication. MC-CDMA system has becomes multiple access scheme is very promising, especially for downlink. Therefore, this system suitable for future communication. This system can give broadband bandwidth efficient and more resintant distortion channel.

In this final simulation was made to find how influence the number and mobility user towards optimal number of subcarrier. Simulation program on the condition AWGN ang Rayleigh fading. Intregated system for direction downlink with multi user. The output can known optimal number of subcarrier which used. Analysis measure system performance based quality of performance, if namely lower BER in signal received then better quality performance.

The simulation results concluding that higher velocity will approach state time selectivity (fast fading), thus causing amount in excess of optimal subcarrier will experience poor performance. This is because symbol duration becomes wider which caused reduce resilience against random FM noise symbol. The results found at speed 3 km/h, 40 km/h, 100 km/h, and 120 km/h, respectively optimal at 256, 64, 64, 16 subcarriers. In addition user doesn’t affect optimal number of subcarrier in MC CDMA. The condition of single user for speed 3 km/h use 16, 32, 64, 128, 256 subcarrier, optimal subcarrier obtained 256. This also applied in multi user, increasing number user ranging 2 and 4 user still show performance for optimal subcarrier. This is because on each subcarrier is used by all user. Each user uses same subcarrier, which distinguishes it spreading code onlyKeyword: MC-CDMA, SUBCARRIER

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH JUMLAH DAN MOBILITAS PENGGUNA TERHADAP JUMLAH SUBCARRIER OPTIMAL PADA SISTEM WIRELESS MC CDMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD HENRY MACHSUNI
Perorangan
Rina Pudji Astuti, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini