PURE TONE AUDIOMETER DENGAN TEKNIK BEKESY AUDIOMETRY BERBASISKAN PC

Doni Hendriansyah

Informasi Dasar

111068076
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Audiometry digunakan sebagai cara untuk mendiagnosis tingkat ketulian dan memetakan peta kerusakan yang ada pada telinga. Terdapat berbagai macam teknik yang dapat digunakan dalam proses diagnosis, diantaranya adalah teknik bekesy. Pada teknik ini, sistem auditory dirangsang dengan berbagai tingkatan frekuensi dan intensitas tone dan respon pasien terhadap rangsangan ini diukur. Level minimum intensitas dari rangsangan ini yang secara konsisten dapat di respon adalah ”threshold of hearing”. Berdasarkan data respon pasien tingkat sensitivitas pendengaran seseorang dapat dipetakan pada data yang disebut audiogram, yang diplot berdasarkan intensitas dan frekuensi.
Untuk menjalankan seluruh prosedur diperlukan peralatan atau media yang dibutuhkan untuk menjalankan seluruh tes audiometry, media tersebut disebut audiometer. Dalam tugas akhir ini akan direalisasikan pure tone audiometry dengan menggunakan teknik Bekesy yang diimplementasikan dalam sistem personal computer. Dalam realisasi sistem audiometer mengacu pada berbagai standar – standar seperti ISO dan ANSI yang berkaitan dengan audiometer dan audiometry, dalam realisasi ini akan digunakan software Delphi sebagai software dasar.
Dalam tes audiometry diperlukan berbagai peralatan atau media pendukung untuk dapat memberikan keakuratan dalam hasil yang didapat diantaranya adalah headphones dan ruangan uji yang memenuhi standar. Hasil dari test ini adalah audiogram, yang merupakan data mengenai tingkat sensitivitas pendengaran.
Kata Kunci : audiometer, audiometry, bekesyABSTRACT: Audiometry is used as the way to diagnose of deaf storey level and map the damage exist in ear. There are a lot of technique to be used in the diagnostic process, Bekesy is one of the technique. In this technique auditory system are stimulated by various frequency and intensity of tone and patient response is measured. Level of minimum intensity from the stimuly which is consistently could response is called "threshold of hearing". Pursuant to data above the store level of sensitivity hearing can be mapped in data called audiogram, which plotted based on intensity and frequency.
To run the entire procedure a media or equipment is needed to run the entire audiometry test, the equipment is called audiometer. In this final project a Pure Tone Audiometer whit Bekesy technique in the personal computer system will be implemented. In this Audiometer system implementation will based on the ISO and ANDI standard which is related to the audiometer and audiometry, Delphi will be the basic software for this implementation.
In the audiometry test a secondary media or equipment is needed to give an accurate result, an standard headphones and a standard environment test. An audiogram is the result of the tests, an audiogram consist a data about the hearing sensitivity level.
Keyword: audiometer, audiometry, bekesy

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PURE TONE AUDIOMETER DENGAN TEKNIK BEKESY AUDIOMETRY BERBASISKAN PC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Doni Hendriansyah
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Achmad Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini