PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA HORN POLARISASI GANDA UNTUK APLIKASI WIMAX PADA FREKUENSI 2,3Ghz - 2,4Ghz.

RIUS AFRIANTO CIPTA PANDIANGAN

Informasi Dasar

111068062
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: WiMAX merupakan standard teknologi Metropolitan Area Network (MAN) yang dibuat sebagai solusi permasalahan keterbatasan spektrum frekuensi serta jaringan dengan kabel. Standard ini dikenal dengan 802.16 yang diperkenalkan sekitar tahun 2001 oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan telah mengalami up grade menjadi 802.16e pada awal 2003 yang mendukung laju data puncak sampai dengan 75Mbps mencakup daerah seluas 50km.
Untuk mendukung teknologi tersebut diperlukan perangkat antena yang bisa beroperasi pada standard frekuensi yang telah ditentukan sesuai alokasi yaitu mendisain sebuah antena horn polarisasi ganda untuk aplikasi wimax pada frekuensi 2,3Ghz – 2,4Ghz. Sangat dibutuhkan suatu antena yang memiliki gain tepat,arah pancar yang sesuai,akurat dan efisien.
Antena yang akan dibuat ini mempunyai bandwidth 100MHz. Oleh karenanya antena ini termasuk antena WiMAX. Dengan bandwidth yang lebar maka bit rate akan lebih cepat. Bentuk aslinya adalah antena horn piramidal polarisasi ganda dengan teknik pencatuan ganda jenis mode 1 0 T E dominan yang dipilih berupa saluran koaksial 50 ohm kedalam saluran bumbung gelombang persegi empat(waveguide rectangular).
Prototype dibuat sesuai dengan pemodelan simulasi dan hasil yang didapatkan pada pengukuran frekuensi untuk VSWR ≤1,5,yaitu pada range frekuensi 2300MHz - 2400MHz.Kemudian untuk pola radiasi antena adalah unidireksional serta polarisasinya berbentuk polarisasi ganda.Gain yang yang mampu dicapai antena ini ± 10 dBi.Kata Kunci : Antena horn piramidal, polarisasi ganda, Wimax, penskalaanABSTRACT: WiMAX is a technology standard for Metropolitan Area Network (MAN) made as solution for frequency spectrum limited also cable network. This standard known as 802.16 which informed during 2001 by Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) and had been up grade early 2003 as 802.16e, it also support peak of data speed until 75 Mbps and covering 50 km areas.
Supporting this technology needs antenna system operated at certain frequency allocation standard that is design and implementation of dual polarized horn antenna for wimax application at frequency 2,3Ghz-2,4Ghz , that is certain gain, beamforming, accuration and it realized by arrays antenna efficiently.
This antenna has the minimum bandwidth 100 MHz. Because of that, this antenna is categorized as Wimax antenna. The very wide bandwidth yield a high bit rate. The real shape is a dual polarized pyramidal horn antenna with exciting thecnic method that is dominant TE10 mode propagation in rectangular waveguide.
Prototype are made according to the model of simulation and the result which is obtained from the frequency measurement at VSWR ≤ 1.5, that is frequency range at 2300MHz -2400MHZ. The radiation pattern of the antenna is unidirectional and also its polarization is dual polarized . The available Gain of this antenna are able reach untill approximately ± 10 dBi.Keyword: Piramidal horn antenna, Dual polarized horn antenna, Wimax, Scaled

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA HORN POLARISASI GANDA UNTUK APLIKASI WIMAX PADA FREKUENSI 2,3Ghz - 2,4Ghz.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIUS AFRIANTO CIPTA PANDIANGAN
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini