simulasi performansi multiband sel pada jaringan GSM di PT. Excelcomindo

agung budi nugroho

Informasi Dasar

111068061
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pasar selluler pada akhir-akhir ini mengalami kecenderungan pertumbuhan pelanggan yang sangat besar, khususnya untuk jaringan GSM. Sehingga operator perlu untuk meningkatkan kapasitas dan kehandalan jaringan GSM terutama untuk masalah coverage dengan biaya investasi yang murah. Beberapa operator telah memiliki pilihan untuk menambah kapasitas jaringannya yaitu dengan mengoperasikan dua band frekuensi antara GSM 900 dengan GSM 1800 atau GSM 800 dan GSM 1900 dalam satu sel. Sistem ini yang disebut sebagai multiband sel.
Tugas akhir ini akan menghadirkan simulasi performansi multiband sel pada jaringan GSM di PT Excelcomindo dengan membangkitkan trafik yang berdistribusi poisson. Teknik simulasi yang dilakukan hanya pada sisi performansi multiband sel berdasarkan standart KPI (Key Performance Indicator) di PT Excelcomindo yaitu TCH trafik, TCH call congestion ≤ 0.02, dan UL/OL subcel change succeses rate ≥ 90%. Analisa tugas akhir ini dari hasil simulasi multiband sel dan dari hasil pengukuran KPI di PT.Excelcomindo sehingga dapat diketahui performansi multiband sel pada jaringan GSM.
Performansi multiband sel pada jaringan GSM di PT.Excelcomindo menunjukkan bahwa multiband sel memiliki performansi yang baik dalam menangani trafik yang ada pada jaringan GSM. Dari hasil simulasi dan hasil pengukuran di PT.Excelcomindo dapat diketahui bahwa Pada kanal trafik (TCH) setelah penerapan sistem multiband cell band diperoleh pada kanal trafik terjadi (TCH) peningkatan kapasitas 21,93 erlang yang semula 8,2 erlang. Dengan laju kedatangan user 15%-25% dari total user, multiband sel memiliki tingkat congestion dalam arti probabilitas blockingnya ≤ 2%. Dan juga memiliki tingkat keberhasilan UL/OL subcell change sucsess 90%-100%. iiKata Kunci : multiband sel, trafik, congestionABSTRACT: The cellular market has experienced an enormous subscriber growth in the recent years. So the operatorsneed to support high capacity and performance especially for the problem of coverage in their networks by minimum costs. Some of the operators have the option of using two frequency band in one cell, there are GSM 900 and GSM 1800 or GSM 800 and GSM 1900 in order to fulfil the capacity demand. This sistem called as multiband cell
This final assignment will present performance simulation GSM multiband cell in PT.Excelcomindo by generate traffic which have poisson distribution. Simulation technique which have done only from multiband cell performance based on KPI (Key Performance Indicator) in PT Excelcomindo, there are TCH traffic, TCH call congestion ≤ 0.02, dan UL/OL subcel change succeses rate ≥ 90%. Analyse this final assignment from result of simulation multiband cell and from measurement result KPI in PT.Excelcomindo so can known the performance of multiband cell in GSM.
The performance of GSM multiband cell in PT.Excelcomindo showing that multiband cell have a good performance for take care traffic in GSM network. From result of simulation multiband cell and from measurement result in PT.Excelcomindo, known that traffic channel after applying multiband cell got increasing capacity channel traffic(TCH) 21.93 erlang which first 8.2 erlang. By arrival user 15% - 25% from sum of totally use, multiband cell have congestion rate which mean blocking probability ≤ 2%. And also have succses rate UL/OL subcell change sucsess 90%-100%. iKeyword: multiband cell, traffic, congestion

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

simulasi performansi multiband sel pada jaringan GSM di PT. Excelcomindo
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

agung budi nugroho
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Eka Yuliandi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini