Rancang Ulang dan Realisasi Kunci Elektronik Berbasis Data

Rohmat Tulloh

Informasi Dasar

111068045
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kita sering dihadapkan pada masalah keamanan. Khususnya yang menyangkut sistem keamanan suatu bangunan seperti rumah, kantor atau yang semacamnya. Tingkat keamanan yang dirancang disesuaikan dengan keadaan yang ada, seperti dimana sistem keamanan itu digunakan, seberapa penting barang-barang atau data yang harus diamankan, siapa saja yang akan mengakses sistem tersebut dll.
Perangkat seperti ini sudah pernah direalisasikan oleh penulis sendiri pada Proyek akhir berjudul Perancangan dan Realisasi Kunci Elektronik Disertai Pengolahan Basis Data pada Program studi D3 Teknik Elektro. Meskipun pada waktu itu alat ini berjalan dengan baik, namun belum dapat diimplementasikan secara langsung, karena adanya beberapa kekurangan diantaranya : Bentuknya yang kurang praktis, belum adanya sistem catu daya, dan backup apabila listrik padam, data-data user yang tersimpan pada mikrokontroler bersifat sementara, sehingga apabila listrik padam maka data2 tersebut akan terhapus, jumlah user yang terbatas dikarenakan hanya menggunakan memori internal dari mikrokontroler itu sendiri, solenoid sebagai penggerak kunci memiliki ukuran yang kecil sehingga kurang kuat untuk menahan pintu dan cepat panas.
Untuk mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut, maka pada Tugas akhir ini dilakukan rancang ulang untuk melengkapi sistem dengan perangkat penunjang agar perangkat ini menjadi siap pakai.
Alat ini berbasiskan Mikrokontroler AT89S52. Sistem ini dibangun dari bagian-bagian perangkat yaitu sebuah Keypad yang berfungsi untuk memberikan masukan (berupa password dan perintah lainnya), password merupakan kata kunci untuk dapat mengakses ruangan tersebut, Mikrokontroller dengan memori eksternal merupakan perangkat yang akan memproses segala sesuatu yang telah diprogramkan pada alat tersebut, dan LCD yang akan berfungsi sebagai tampilan. Sistem keamanan ini juga akan dilengkapi dengan komputer yang di dalamnya terdapat perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengolah data dari setiap orang yang mengakses kunci tersebut, sehingga pengakses kunci yang sifatnya multi user dapat dipantau setiap saat.Kata Kunci : Kata Kunci : Keamanan, Mikrokontroler, Basis data, PasswordABSTRACT: We usually have a problem about the security, On this case security is concerning to the security system an building, office, or which a kind of. The level of security system designed is based from the existing circumstance like where this system will be applied, how important the object that will be secure, or whosoever will be uses that system etc.
This tools have been realized by writer at Final Project with the title The Design and Realization Electronic Key With Database Processing at D3 Electrical Engineering Study Program. Though by then this appliance walk better, but not yet earned the implementation directly, caused by some insuffience among other things for example : Its for which less be practical, there is no existence of electric energy system, and back up from that electric energy system, the temporary data user in microcontroller will be erased if electrical energy down, limited user because the limited internal memory from the microcontroller and solenoid as key activator have the small size so that less be strong to moving the door and hot quickly.
Based from that case, so in this Final Project the writer trying to redesign the system to completed the system before with supported tools and become ready to use.
Scheme of this appliance have based Microcontroller AT89S52. At this Final Project of the system above woke up from parts of peripheral that is a functioning keypad to give an input ( in the form of other command and password ) password represent keyword to be able to access the room, Microcontroller represent peripheral to process everything which have been programmed at appliance, and LCD to function as appearance. This system will be completed with computer to process the data from each person who use this key, with the result that we can monitored the user every time.
Keyword: Keyword : Security, Microcontroller, Database, Password

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Rancang Ulang dan Realisasi Kunci Elektronik Berbasis Data
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rohmat Tulloh
Perorangan
M. Ary Murti, M. Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini