Desain dan Implementasi Layanan Video Streaming Melalui Jaringan Kabel TV dengan Sistem Multicast

Aris Khumaini

Informasi Dasar

111068039
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penggunaan bandwidth yang sangat tinggi, penggunaan source dan memory yang besar pada implementasi video streaming dengan metode transmisi unicast terhadap penambahan client dan keterbatasan metode transmis broadcast untuk mengirimkan video streaming sesuai dengan kebutuhan client menyebabkan diperlukannya sebuah metode yang lebih efisien untuk implementasi video streaming berbasis jaringan. Penelitian bertujuan untuk merancang layanan video streaming dengan penerapan metode transmisi multicast, dimana metode ini lebih efisien dan merupakan gabungan dari metode unicast dan broadcast.
Pada tugas akhir ini akan diimplementasikan penggunaan multicast untuk transmisi real time dari jaringan kabel TV yang nantinya akan distream melalui jaringan Local Area Network (LAN) di ITTelkom. Perancangan ini bertujuan untuk memanfaatkan layanan kabel TV seperti monitoring, pembelajaran jarak jauh, sistem keamanan, dll. Dalam tugas akhir ini juga akan dianalisa performansi dari kompresi video menggunakan codec H264 pada jaringan multicast dan unicast dengan melihat parameter throughput, delay, jitter, packet loss , dan Mean Opinion Score (MOS)
Dari hasil pengukuran dan analisis yang telah dilakukan, terlihat penambahan jumlah client pada sistem multicast tidak mempengaruhi nilai throughput, delay dan jitter, sedangkan penambahan jumlah client pada sistem unicast mempengaruhi nilai troughput, delay dan jitter. Nilai MOS terbaik yang dilakukan terhadap 30 responden terdapat pada jaringan multicast 3 client bitrate 512 kbps yaitu sebesar 3,7. sehingga dapat disimpulkan penggunaan jaringan multicast pada layanan video streaming lebih efisien dibandingkan dengan metode transmisi yang lain.Kata Kunci : -ABSTRACT: Inefficient use of bandwith, resource and memory usage in unicast transmision methode toward client increase and the limit of broadcast t transmision method to transmit video streaming appropriate with client needs, is the cause of the necessity of a more efficient method for network based video streming implementation. This research has a goal to create video streaming service by implementing multicast transmision method, where this method is a combination of unicast and broadcast t transmision method and more efficient.
In this final assignment, multicast will be implemented for real time transmission from cable TV network which will be streamed across Local Area Network in IT Telkom. This research has a purpose to use cable TV service such as monitoring, long distance learning, security system, etc. This final assignment will also analyze the performance of video compression using H264 codec in multicast and unicast network by observing throughput, delay, jitter, packet loss, and Mean Opinion Score parameters.
From the measurement and analysis, it can be seen that client increase in multicast system doesn’t affect the value of throughput, delay, and jitter, while in unicast system those values are affected. The best MOS from 30 respondent in multicast 3 client bitrate 512 kbps network is 3,7. From that result, can be concluded that the usage of multicast network on video streaming service is more efficient compared to the other t transmision method.Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Desain dan Implementasi Layanan Video Streaming Melalui Jaringan Kabel TV dengan Sistem Multicast
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aris Khumaini
Perorangan
Agus Virgono, Ida Wahidah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini