ANALISIS PERFORMANSI TCP RENO DAN TCP VEGAS PADA JARINGAN UMTS

KRESHNA ADITAMA

Informasi Dasar

111068023
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) menawarkan layanan jarak jauh, seperti komunikasi suara, data dan layanan multimedia. Sehingga layanan sepeti internet yang dulu hanya dapat dinikmati oleh pengguna fixed network, saat ini dapat digunakan pada UMTS yang mobile.
Layanan data dalam UMTS menggunakan TCP sebagai protokol transport-nya. Awalnya TCP didesain untuk media kabel, tetapi pada UMTS terdapat media udara yang bersifat tidak stabil. Berbagai macam variasi TCP dibuat untuk menghasilkan performansi yang lebih baik dari pendahulunya. Dalam tugas akhir ini dibandingkan performansi TCP Reno dan TCP Vegas pada jaringan UMTS dengan menvariasikan window (5, 10, 15, 20, 25, 30, 35 dan 40) dan bit rate kanal (32, 64, 128, 384 dan 1024 kbps). Performansi TCP dilihat dari segi throughput, delay dan retransmisi paketnya.
Hasil yang didapatkan dalam simulasi ini adalah TCP Vegas mempunyai performansi yang lebih bagus dari pada TCP Reno, TCP Vegas menghasilkan throughput yang lebih besar, delay yang lebih kecil dan hampir tidak terjadi retransmisi.Kata Kunci : UMTS, TCP Reno, TCP VegasABSTRACT: ABSTRACT Universal Mobile Telecommunication System ( UMTS ) offer mobile service, like voice, data communications and multimedia services. The internet which first can only be enjoyed by consumer of fixed network, now can be used on UMTS.
Data service in UMTS use TCP as its protocol transport. Initially TCP was designed for the media of cable, but at UMTS there are air interface which have unstable character. Variation of TCP made to yield the better performance from its predecessor. In this final project compared TCP Reno and TCP Vegas at UMTS network with window variation ( 5,10,15,20,25,30,35,40 ) and channel bit rate ( 32, 64, 128, 384 and 1024 kbps). TCP’s performance seen from throughput, delay and packet retransmition.
Result shows that TCP Vegas have better performance than TCP Reno, TCP Vegas have better throughput, smaller delay and packet retransmition almost not happen on TCP Vegas.Keyword: UMTS, TCP Reno, TCP Vegas

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI TCP RENO DAN TCP VEGAS PADA JARINGAN UMTS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KRESHNA ADITAMA
Perorangan
Ida Wahidah, Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini