PERANGKAT LUNAK PEMILIH OBAT YANG TEPAT BAGI PASIEN ( SOFTWARE CHOICE APPROPRIATE THE DRUGS TO PATIENT )

Cahyo Tri Nugroho

Informasi Dasar

111068019
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam melakukan pemilihan obat yang tepat untuk mengatasi penyakit yang diderita oleh seorang pasien tidak boleh sembarangan karena dapat membahayakan diri pasien. Telah banyak kasus yang terjadi di Indonesia mengenai kesalahan dalam memberikan obat sehingga menyebabkan pasien menjadi cacat atau mungkin meninggal, ini biasa disebut malpraktek. Pemilihan obat hanya dapat dilakukan oleh seorang yang ahli dibidangnya sehingga dapat menyembuhkan penyakit dengan cepat dan tidak kembali kambuh dalam beberapa waktu.
Pada Tugas Akhir ini akan dibuat Perangkat lunak untuk memilih obat yang tepat bagi pasien. Perangkat lunak berfungsi untuk memberitahukan keadaaan kesehatan dari pasien dengan mengeluarkan keterangan-keterangan mengenai anjuran dan larangan serta obat yang tepat agar penyakit yang diderita dapat cepat sembuh.
Sebagai perangkat lunak yang diharapkan dapat membantu pemakai dalam mendapatkan solusi suatu permasalahan, mutu solusi Sistem Pakar menjadi salah satu hal penting yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pemakai secara maksimal. Karena itu, perlu dilakukan upaya agar solusi yang diberikan Sistem Pakar sesuai dengan kondisi pemakai. Perangkat lunak disini akan terdapat berbagai inputan, misalnya ciri-ciri dari pasien dengan apa yang dirasakan. Dengan adanya inputan ini maka perngkat lunak akan memberikan berbagai keterangan penyakit yang diderita dan obat yang harus dibeli pasien, tetapi sebelumnya harus disetujui oleh pakar (dokter). Hasilnya apabila setuju maka perangkat lunak akan mengeluarkan berbagai jenis obat yang harus dibeli pasien.Kata Kunci : -ABSTRACT: In drugs choice is approriate to cure diseases patient can not anything because dangerous for the patient. Many cases occured in Indonesia about wrong in drugs choise so it maked deformity or death the patient.It is usually called Malpraktek. The choise of drugs just can made by the person is specialist in the sector,so It can cure diseases quikly and sick again.
In this Last task will make software drugs choise appropriately for the patient.This software used for to knows the patient’s condition.This software can produces explanations about suggestion, prohibition and also drug is appropriate so that the illness can heal.
The software purposed can help the user in got solution from the problems, Sistem Pakar sollution’s quality be thing important and used by user maximaly.Because it needs method so solution given from Sistem pakar agree with user’ s condition.In software there are many kinds of input,such as indications feeled from the patient.With many kinds of input this software will give informations illness and drugs are must bought by the patient,but previously recipe must agree by the doctor.If the result agreed by the doctor This software will produce many medicines were must bought by the patient.Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

PERANGKAT LUNAK PEMILIH OBAT YANG TEPAT BAGI PASIEN ( SOFTWARE CHOICE APPROPRIATE THE DRUGS TO PATIENT )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Cahyo Tri Nugroho
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, dr. Ary Eko Arjunanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini