PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI CMSA ARRAY DENGAN FREKUENSI KERJA 3,3 - 3,4 GHZ<br><br> Design and Implementation of Array CMSA at Frequency 3,3 – 3,4 GHz

INDRA GUTAMA

Informasi Dasar

111067002
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi komunikasi wireless saat ini berkembang sangat pesat sehingga memunculkan standar-standar baru yang beragam dan mengijinkan transfer data dengan bit rate yang jauh lebih tinggi, salah satu standar yang muncul adalah WIMAX (Worlwide for Microwave Access). Wimax merupakan Teknologi yang mampu melayani akses data secara broadband dengan coverage yang sangat luas.

Penggunaan Wimax, sebagaimana teknologi wireless lainnya tidak akan lepas dari antena yang berfungsi sebagai transformator dari gerlombang terbimbing ke gelombang ruang bebas ataupun sebaliknya. Untuk pengimplementasian Wimax diperlukan antena yang mendukung mobilitas dari penggunanya yaitu antena yang berukuran kecil dan bermassa ringan dengan gain yang cukup baik. Dan antena yang paling tepat untuk itu adalah antena mikrostrip.

Pada tugas akhir ini, akan dirancang dan diimplementasikan CMSA array 2x2 yang dapat menambah gain dan efisien terhadap ukuran, sedangkan pemilihan patch lingkaran untuk mempermudah dalam peletakan titik catu. Frekuensi kerja 3,3 – 3,4 GHz dengan SWR yang ditargetkan adalah ≤ 1,5. Model pencatuan yang digunakan adalah Microstrip Feed Line. Untuk mempermudah perancangan, maka digunakan software simulator Ansoft HFSS.Kata Kunci : Broadband, bandwidth, Wi Max, Antena mikrostripABSTRACT: Wireless technology develop fastly now and produce another standard that allow to transmit data with higher bit rate, one of them is WiMax (Worldwide for Microwave Access). WiMax is technology that can serve access data in broadband data transmit with widely coverage.

Implementation of WiMax, like another wireless technology need the equipment that named antenna, it use as transformer from guided wave to free space wave and the other way about. To implement WiMax, needed antenna that support mobility of users, it means antenna must be small and fluently with the high gain. The antenna most suitable with this condition is microstrip antenna.

In this final task, will design and implement CMSA Array 2x2 that can increase the gain and efficient in size, and use circular patch to make easy define feed point. Antenna work in frequency 3,3 – 3,4 GHz with SWR ≤ 1,5. Feed model used is Microstrip Feed Line. To help design the antenna, used simulator software Ansoft HFSS 11Keyword: Broadband, bandwidth, Wi Max, Microstrip antenna

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI CMSA ARRAY DENGAN FREKUENSI KERJA 3,3 - 3,4 GHZ

Design and Implementation of Array CMSA at Frequency 3,3 – 3,4 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDRA GUTAMA
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini