ANALISA KERJA PROTOKOL SCTP (STREAM CONTROL TRANSISSION PROTOCOL) UNTUK LAYANAN STREAMING MEDIA JARINGAN MOBILE WIMAX(IEEE 802.16E)

INGGRID BEATRIX SALAMPESSY

Informasi Dasar

111061126
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Mobile WiMax merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar yang memungkinkan sistem WiMax diterapkan pada aplikasi portable dan mobile maupun fixed dan nomadic. Mobile WiMax mampu menyediakan kecepatan transfer data hingga 70 Mbps dan cakupan area sekitar 50 Km serta mampu memberikan data rate dan throughput yang tinggi karena menggunakan frekuensi yang cukup besar yaitu sekitar 2-11 Ghz serta bandwidth kanal yang cukup lebar dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Mobile WiMax dapat mendukung berbagai bentuk layanan data berbasiskan multimedia salah satunya yaitu Video Streaming.
Untuk aplikasi ini dibutuhkan QoS yang lebih baik daripada aplikasi pengiriman data biasa. Penggunaan prokolol SCTP adalah salah satu langkah yang bisa diambil untuk mengatasi masalah tersebut. SCTP merupaka protokol kontroler yang digunakan untuk memperioritaskan data yang berbasis real time agar didahulukan pada jaringan sehingga diperoleh kualitas layanan yang lebih baik.
Pada tugas akhir ini dilakukan analisis kinerja protokol SCTP untuk layanan stream media, dalam hal ini adalah Video Streaming, pada jaringan mobile WiMax dengan membandingkan performansi Video Streaming dengan menggunakan protokol SCTP dan tanpa protocol SCTP. Penelitian dilakukan dengan melihat peningkatan performansi yang diberikan oleh protokol SCTP terhadap aplikasi layanan Video Streaming. Parameter yang dijadikan acuan dalam standar kualitas performansi antara lain adalah delay, throughput, packet loss.
Hasil dari tugas akhir ini adalah mengetahui kinerja protokol SCTP dalam meningkatkan performansi dari segi throughput dan packet loss, serta meminimalisir delay untuk layanan streaming media pada jaringan mobile WiMax.Kata Kunci : Mobile WiMax, SCTP, Video Streaming, Delay, Throughput, Packet LossABSTRACT: Mobile WiMax is broadband wireless access technology that properly supporting WiMax system applied at portable and mobile even fixed and nomadic. Mobile WiMax capable of providing transfer speed up to 70 Mbps and radius about 50 Km and also capable to provides highest data rate and throughput because it uses highest frequency also, 2-11 Ghz and bandwidth canal that width enough which can be adjusted as needed. So that, Mobile WiMax can supports all kind of data services based on multimedia, one of them is Video Streaming.
For this application need better QoS then regular data transmission applications. SCTP fungsion is one of steps that can take to solve that problem. SCTP is controller protocol that used for prioritize the data based on real time to take precedence on network so obtained better service quality.
On this Final Project, SCTP performance analysis for stream media service, on this case is Video Streaming on mobile WiMax with the comaprison between SCTP and non-SCTP. Research conducted by seeing performance increase that given by SCTP towards video streaming application. Parameter that being reference in the QoS standards are: delay, throughput, packet loss.
Result of this final project is knowing SCTP performance in increased performance in throughput and packet loss, and also minimalized delay for streaming media service on mobile WiMax.Keyword: Mobile WiMax, SCTP, Video Streaming, Delay, Throughput, Packet Loss

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISA KERJA PROTOKOL SCTP (STREAM CONTROL TRANSISSION PROTOCOL) UNTUK LAYANAN STREAMING MEDIA JARINGAN MOBILE WIMAX(IEEE 802.16E)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INGGRID BEATRIX SALAMPESSY
Perorangan
Rendy Munadi, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini