KLASIFIKASI BUAH PISANG BERDASARKAN JENIS DAN KEMATANGAN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DENGAN KAMERA DIGITAL <BR>CLASSIFICATION OF BANANA FRUIT BASED ON TYPE AND RIPENESS USING IMAGE PROCESSING WITH A DIGITAL CAMERA

Dendy Chaniago

Informasi Dasar

111061112
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam bidang pertanian, untuk menentukan kualitas buah dapat dilakukan dengan meneliti bentuk buah, ukuran buah ataupun warna dari kulit buah tersebut. Penentuan kualitas buah pisang biasa dilakukan secara manual oleh petani buah dengan pengamatan visual dan perhitungan bobot buah pisang tersebut. Dengan sistem manual, hasil klasifikasi buah pisang akan berbeda-beda sesuai dengan persepsi petani yang bertugas mengklasifikasikan buah pisang tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang akurat dalam pemilihan buah pisang, prosesnya akan dilakukan dalam sistem komputer dengan mengolah data citra dari buah pisang yang akan dipilih tersebut.

Pada tugas akhir ini dibuat suatu perangkat lunak yang dapat menentukan jenis dan kematangan buah pisang dengan menggunakan metode pengolahan citra digital sederhana. Proses pengolahan citra digital yang dilakukan untuk menentukan jenis dari buah pisang adalah dengan menggunakan metode algoritma genetika. Sedangkan untuk menentukan kematangan adalah dengan cara menentukan jumlah piksel warna kemudian ditentukan pula nilai batas minimum atau threshold buah pisang diklasifikasikan sebagai pisang mentah atau matang.

Dari hasil implementasi dengan menguji 127 citra uji diperoleh hasil akurasi untuk jenis 91,29% dan error 8,71% sedangkan untuk hasil akurasi kematangan diperoleh 80,97% dan error 19,03%. Hasil implementasi yang di dapatkan bekerja dengan baik. Oleh karena itu implementasi dalam tugas akhir ini dapat membantu para petani menentukan jenis dan kematangan buah pisang dengan tepat.Kata Kunci : Algoritma genetika, jenis, kematangan, buah pisang, pengolahan citra digitalABSTRACT: In agriculture, the quality of fruit can be done by examining the shape of fruit, fruit size or color of the fruit skin. Determination of quality bananas usually can be done manually by farmers with visual observation and calculation of the weight of a banana. By using manual systems, the classification of bananas will have difference results according to farmers opinion in classifying of banana. To get results accuratly in the selection of bananas, the process will be created in a computer system by using image processing from bananas to be selected.

In this final project, the software have been made to determine the type and ripeness of banana fruit by using a simple digital image processing methods. The process of digital image processing is performed to determine the type of banana which use a genetic algorithm method. Meanwhile, to determine ripeness can be done by determining the total of color pixels to determine the threshold ripe and unripe.

From 127 test images obtained the type of accuracy has reached 91.29% and error 8.71%, while the accuracy for the ripeness has reached 80.97% and error 19.03%. The software can work properly as planning. Therefore, implementation from this final project can help farmers to determine the type and ripeness of banana fruit properly.Keyword: genetic algorithm, type, ripeness, bananas, digital image processing

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

KLASIFIKASI BUAH PISANG BERDASARKAN JENIS DAN KEMATANGAN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DENGAN KAMERA DIGITAL
CLASSIFICATION OF BANANA FRUIT BASED ON TYPE AND RIPENESS USING IMAGE PROCESSING WITH A DIGITAL CAMERA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dendy Chaniago
Perorangan
Bambang Hidayat, Suryo Adhi Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini