Rancang Bangun Prototipe Alat Pengaman Mobil Dengan Reporting System dan Feedback Pemutusan aliran Listrik

Muhammad Tsani yusron P

Informasi Dasar

111061109
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pencurian mobil menjadi kejahatan yang sering terjadi di masyarakat. Modus yang dipakai untuk melakukan tindak pencurian dan perampokan mobil, diantaranya dengan memaksa membuka kunci pintu mobil menggunakan batang besi, penggaris, kunci T , dan lain-lain.
Menyikapi hal tersebut, keamanan terhadap mobil perlu ditingkatkan, tidak lagi sebatas menggunakan kunci yang berasal dari pabrik, namun perlu penambahan perangkat keamanan yang lebih sensitif dan reaktif yang mampu mencegah tindak kriminal.
Pada Tugas Akhir ini dirancang system keamanan mobil menggunakan mikrokontroler ATMEGA8535 dan system transmiter receiver dengan modul RF YS1020ua. Modulasi yang digunakan adalah modulasi GFSK dengan frekuensi pemodulasi 433 Mhz. Perangkat yang dirancang terdiri dari blok pengirim dan blok penerima. Pada blok pengirim atau mobil dipasang switch yang berfungsi sebagai pendeteksi atau pemberi sinyal ketika pintu mobil dalam keadaan tidak rapat atau jika gagang pintu terangkat atau terbuka. Di dalam mobil dipasang sensor GP2D12 yang dapat mendeteksi benda atau objek pada jarak maksimal 80 cm. Pada Blok penerima atau remote dipasang LCD sebagai user interface dan push button sebagai kontrol. Informasi yang ditampilkan adalah informasi berlapis dimana urutannya adalah switch di gagang pintu, switch di pintu, dan sensor GP2D12. Nantinya ketika gagang pintu terbuka maka di LCD remote akan muncul informasi tentang gagang switch, ketika pintu mobil terbuka maka informasi yang ditampilkan adalah informasi tentang pintu mobil, walaupun gagang pintu masih terbuka, begitu pula jika sensor obyek di dalam mobil mendeteksi benda, maka informasi yang akan ditampilkan adalah informasi dari sensor walaupun gagang pintu dan pintu terbuka. Indikasi dari adanya gangguan di dalam mobil adalah bunyi alarm yang ada di mobil dan di remote. Sebagai aksi, dari remote dapat mengirimkan sinyal yang dapat memutuskan aliran listrik dari aki melalui relay.
Kata Kunci : mobil, sensor GP2D12, mikrokontroler ATMEGA8535, modul RF YS1020uaABSTRACT: Car theft to crimes that often occur in the community. Mode is used to follow the car theft and robbery among by forcing open a car door lock using an iron rod, ruler, key T, and others.
Responding to that, the security of the car needs to be improved, no longer limited to using a key derived from the plant, but needs the addition of safety devices more sensitive and reactive to be able to prevent crime.
In this Final Project is designed car security system using microcontroller and system ATMEGA8535 transmitter RF module receiver with YS1020ua. Modulation used is GFSK with a frequency modulation 433 Mhz. Device designed consists of sender and receiver blocks. At block sender or car mounted switch that functions as a signaling detector or when the car door in a state of not meeting or if the door handle open or up. In the car, GP2D12 sensors mounted that can detect objects at a distance of up to 80 cm. In the Receiver Block or remote LCD has installed as the user interface and a push button control. The information shown is the order in which information is layered on the door handle switches, switches on the door, and sensors GP2D12. Later when the receiver opens the door on the remote LCD will display information about the switch handle, when the car door open so that the information displayed is information about the car door, even if the door handle is still open, so if the sensors object detection in the car body, the information will be shown is the information from the sensors while the handle and open the door. Indication of a disturbance in the car is the sound of an alarm in the car and the remote. In action, the remote can send signals that can decide the flow of electricity from the accu through the relay.
Keyword: car, GP2D12 sensors, microcontroller ATMEGA8535, RF modules YS1020ua

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Rancang Bangun Prototipe Alat Pengaman Mobil Dengan Reporting System dan Feedback Pemutusan aliran Listrik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Tsani yusron P
Perorangan
Mohammad Ramdhani, Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini