Inovasi SS (Super Sensitive ) Antenna Dipole Receiver dengan Meningkatkan Sensitifitas Antenna Receiver untuk Menangani Defisit Daya Sinyal di Daerah Teresterial pada Frekuensi 500 Mhz

Ridho Fermana Kusuma

Informasi Dasar

111061107
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Ketika suatu antenna memancarkan gelombang elektromagnetik maka seluruh area memungkinkan untuk dapat merasakan adanya energi gelombang tersebut. Pola pancar merupakan ruang dimana energi terkonsenterasi tapi pada dasarnya daerah diluar dari ruang itu juga terdapat energi dari gelombang elektromagnetik yang terpancar, namun tidak terdeteksi oleh antenna penerima. Pada daerah teresterial dimana dikelilingi oleh penghalang (obstacle), energi dari gelombang elektromagnetik yang ditransmisikan dapat mengalami penurunan level daya ketika melewati penghalang tersebut ketika ditransmisikan.

Diawali sebuah fenomena adanya pengaruh dari gelombang yang dipancarkan oleh motor listrik yang aktif ketika berada disekitar antenna receiver dimana keberadaan energinya terdeteksi ketika berdampak negatif pada sinyal yang diterima, dengan dampak yang diakibatkan membuktikan adanya peranan gelombang yang dipancarkan motor listrik terhadap sinyal elektromagnetik yang diterima oleh antenna receiver. Serta ketika magnet permanen diletakkan di dekat antenna receiver mengakibatkan adanya sebagian periode sinyal yang diterima terasa lebih baik daripada sebelumnya. Dengan adanya pengaruh tersebut dan dimanipulasi berdasarkan sifat gelombang yaitu dengan metoda superposisi antara gelombang magnet pada magnet permanen dengan gelombang magnet pada gelombang elektromagnetik yang diterima sehingga terjadi peningkatan gain serta perbandingan beamwidth dari masing-masing antenna pada percobaan menggunakan antenna dipole berfrekuensi sebesar 500 MHz sehingga menghasilkan antenna yang lebih sensitif. Maka fenomana ini penulis angkat dalam penanganan pada penurunan level daya pancaran gelombang elekromagnetik pada daerah teresterial dengan meningkatkan sensitifitas dan terhalang oleh berbagai jenis penghalang (obstacle), yang saat ini komunikasi melalui satelit memunginkan cukup mampu menanggulanginya sedangkan peningkatan layanan komunikasi serta optimasi dalam transmisi sangat dibutuhkan. Maka fenomena ini penulis (Ridho Fermana Kusuma 111061107) mengangkatnya dengan tujuan untuk memecahkannya dengan suatu metoda yang lebih murah dan mudah melalui tugas akhir ini.Kata Kunci : Elektromagnetik, area, teresterial, obstacle, transmisi, bandwidth, satelit.ABSTRACT: When an antenna radiated electromagnetic wave then all area, a radiated pattern is a space where the energy is concentrated, yet in reality there are few energy in the out of it , but it does not detected by ordinary receiver’s antenna. In teresterial’s area which is surrounded by the obstacle, the energy that radiated out of area will occur the decrease of power lewel in transmitted.

At beginning a phenomenon of wave that transmitted by active electric motor near by receiver antenna that the energy detected give the negative impact in received signal, existence of the impact prove the presence of role electric motor waves and electromagnetic signal that received by antenna. Along with when a permanent magnet put near by antenna receiver result in there are some received signal periode that fill more better than before. With the existence of the impact and been manipulated based on signal characteristic transmitted with the superposition method the magnetic wave of permanent magnet with magnetic wave of received signal electromagnetic wave and to compare the bemwidth of both antenna dipole receiver at 500 MHz thus produce result more sensive antenna receiver, thus this phenomenon as handling decline signals power in teresterial area and surrounded by the obstacle that before held on by the satellite,with increase antenna sensitivity. so as writer ( Ridho Fermana Kusuma 111061107) appoint it with proof to spell out, explained and answered with easy and cheap method with this final project.Keyword: Electromagnetic, area, teresterial, obstacle, transmittion, satellite, sensitivity.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Inovasi SS (Super Sensitive ) Antenna Dipole Receiver dengan Meningkatkan Sensitifitas Antenna Receiver untuk Menangani Defisit Daya Sinyal di Daerah Teresterial pada Frekuensi 500 Mhz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ridho Fermana Kusuma
Perorangan
Budi Prasetya, Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini