Peningkatan Kehandalan Sistem Rekapitulasi Presensi Berbasis Pengolahan Citra Digital dan Transformasi Hough

Winda Dian Cahya

Informasi Dasar

111061096
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perhitungan data kehadiran mahasiswa di sebagian besar universitas di Indonesia, termasuk IT Telkom, masih menggunakan cara manual. Lembar presensi ditandatangani oleh mahasiswa saat kuliah berlangsung, kemudian petugas akan menghitung kehadiran mahasiswa dengan melihat ada atau tidaknya tanda tangan pada lembar tersebut. Perhitungan secara manual ini menyebabkan tidak efektifnya penggunaan waktu, pikiran, dan tenaga untuk mengelola data yang ada. Keadaan tersebut pada akhirnya akan menyebabkan tidak optimalnya presensi dan proses lain yang terkait dengan presensi tersebut.

Dalam tugas akhir ini, dirancang sebuah aplikasi yang mampu membaca presensi secara cepat dan akurat. Lembar presensi yang digunakan pada penelitian ini didesain ulang agar dapat memberikan informasi yang cukup mengenai detail presensi, seperti nama mata kuliah, nama kelas, nama dosen, dan tanggal kelas. Untuk mempermudah proses rekapitulasi data kehadiran, lembar presensi diubah terlebih dahulu ke dalam bentuk digital menggunakan scanner. Kemudian dilakukan pengolahan citra digital dan transformasi Hough untuk membedakan antara kolom yang ditandatangani dan tidak. Hasil deteksi ini akan dijadikan masukan bagi presensi selanjutnya.

Sistem rekapitulasi presensi ini mampu melakukan rekapitulasi presensi hingga kemiringan 11o, pergeseran ke kiri kurang dari 2.5 cm, dan pergeseran ke kanan kurang dari 1.5 cm. Waktu yang dibutuhkan satu lembar presensi untuk melakukan proses pre-processing adalah 9.03 detik, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan deteksi kehadiran satu mahasiswa adalah 0.36 detik.Kata Kunci : rekapitulasi presensi, pengolahan citra digital, transformasi houghABSTRACT: Recapitulation of student attendance in most universities in Indonesia, including IT Telkom still calculates manually. Presence sheet is signed by students in the classrom, and then administration staff will calculate student attendance by looking is there any signature signed at presence sheet or not. This manual calculation causing an ineffective utilization of time and energy to manage existing data. Finally this condition will causing an unoptimalized in presence and other process that related to it. In a line with the increasing amount of students, administration staff will require a lot of accurateness and time to summary entire student attendance. The growth of technology is expected to solve this problem.

In this final project, an application that can read presence sheet quickly and accurately has been made. Presence sheet that used in this research is redesigned in order to give enough information about presence detail, such as course and lecture’s name. To make recapitulation process easier, firstly, presence sheet is transformed into digital form using scanner. After that, image processing and Hough transform is processed to differentiate between signed and unsigned column. This detection result will become input for next presence.

This presence recapitulation system is capable to do presence recapitulation untill rotation 11o, shift to left 2.5 cm, and shift to right 1.5 cm. Time that is needed by system to do pre processing is 9.03 second, while time to do presence detection for one person is 0.36 second.

Keyword: presence recapitulation, digital image processing, hough transform

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Peningkatan Kehandalan Sistem Rekapitulasi Presensi Berbasis Pengolahan Citra Digital dan Transformasi Hough
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Winda Dian Cahya
Perorangan
Rita Magdalena, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini