DESAIN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK PROTOTYPE SISTEM TRACKING GERAKAN OBJEK SEDERHANA 3D MENGGUNAKAN 2 WEBCAM DENGAN PENGOLAHAN VIDEO DIGITAL

AGUNG DERMAWAN

Informasi Dasar

111061094
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pendeteksian lokasi objek menggunakan prinsip digital sudah dapat dilakukan dengan meningkatnya kecepatan prosesor dan bertambahnya kapasitas memori. Pada tugas akhir ini telah dirancang sebuah sistem yang dapat melakukan proses tracking objek sederhana dengan berbasiskan pada pengolahan video.
Sistem akan memetakan gerakan obyek ke dalam suatu sistem koordinat pada komputer dengan bantuan 2 webcam dan algoritma pemrograman yang ditanamkan pada software matlab versi 7.4. Adapun keluaran dari webcam berupa video yang akan dianalisa dan dikalkulasi oleh matlab setiap frame-nya untuk melihat perpindahan objek yang sedang diamati.
Pendeteksian obyek ini menggunakan 3 parameter yaitu, faktor bentuk, warna, dan pergerakannya. Pemasangan kedua webcam dilakukan pada tempat yang sama tinggi dan melihat pada arah yang saling tegak lurus dimana keduanya terhubung pada satu komputer yang sama. Pengambilan frame dilakukan secara bergantian dari kedua webcam tiap saat yang akan diperoleh titik pusat dari obyek dengan koordinat x dan z pada webcam pertama dan koordinat y dan z pada webcam kedua.
Proses pengujian sistem dilakukan dengan membuat papan berskala yang mempunyai 3 sumbu (x, y, dan z) dan menggunakan 3 macam bentuk benda seperti kubus, bola, dan silinder yang memiliki 3 macam warna tiap bendanya. Obyek digerakan pada bidang xy yang kemudian oleh sistem akan menampilkan pemodelan beserta proyeksinya berdasarkan bentuk obyek pada koordinat komputer.
Keluaran sistem berdasarkan estimasi jarak memiliki gradient 0.978 sampai 1.01 dengan faktor koreksi kurang lebih 0.7cm dan tingkat ketelitian sebesar 99%. Sedangkan berdasarkan ketepatan deteksi objek paling besar untuk pendeteksian objek bola mencapai 98.3 % dan kecepatan komputasi didapatkan rata-rata sebesar 1 detik.
Kata Kunci : Tracking, Deteksi Bentuk, Deteksi Warna, Pengolahan Video,ABSTRACT: Detecting the location of objects using digital principles can be performed with increased processor speeds and increased memory capacity. In this final task has designed a system that can perform a simple object tracking process based on video processing.
The system will map the movement of objects into a coordinate system on the computer with the help of 2 webcam and an embedded programming algorithm on matlab software version 7.4. The output of the webcam is video that will be analyzed and calculated by matlab every frame to see the movement of the object being observed.
This object detection using 3 parameters ie, form factors, colors, and movements. The installation of a webcam is the same in high places and look at the directions perpendicular both of which are connected to one same computer. Extracting frame alternately performed from both webcam every moment to be obtained the center point of object with coordinates x and z in the first webcam and the coordinates y and z in the second webcam.
This system testing process conducted by a board that has 3-axis (x, y, and z) and using 3 kinds of objects like cubes, balls, and a cylinder which has 3 kinds of colors of each object. Movable object in the xy plane then the system will display the modelling and projections based on the shape of object into the coordinates on the computer.
Output system based on distance estimates has gradient 0.978 until 1.01 with a correction factor less than 0.7cm and accuracy level is abut 99%. While based on the accuracy of object detection for detecting the object ball reaches 98.3% and the computational speed gained an average of 1 second.
Keyword: Tracking, Shape Detection, Color Detection,Video Processing,

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK PROTOTYPE SISTEM TRACKING GERAKAN OBJEK SEDERHANA 3D MENGGUNAKAN 2 WEBCAM DENGAN PENGOLAHAN VIDEO DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUNG DERMAWAN
Perorangan
Koredianto Usman, M.Ary Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini