Pengurangan Dampak Reverberasi Sinyal Suara Menggunakan Metode All-pass dan Minimum-phase Component

Vita Pusvita

Informasi Dasar

111061065
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Suara pada umumnya digunakan sebagai sarana komunikasi. Sebagai bentuk penyampaian informasi, kualitas suara sangat dibutuhkan untuk menghindari terjadinya kesalahan informasi. Salah satu faktor yang dapat mengakibatkan suara mengalami degradasi yaitu reverberasi. Tugas akhir ini akan membahas mengenai pengurangan dampak reverberasi sinyal suara manusia karena adanya pantulan dari benda-benda pemantul suara dalam ruangan akustik. Akibat adanya pantulan tersebut, sinyal suara dari sumber yang diterima oleh pendengar bukan merupakan sinyal asli. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu algoritma yang digunakan untuk mengurangi dampak reverberasi ini. Algoritma yang digunakan yaitu pemisahan sinyal menjadi All-pass dan Minimum-phase Component.
Pada awalnya, sinyal suara asli akan di olah menjadi sinyal tereverberasi, yang kemudian akan diproses dengan menggunakan microphone array. Kemudian sinyal suara dari tiap mikropon tersebut diolah dalam domain cepstrum, yang kemudian dipisahkan menjadi All-pass dan Minimum-phase Component. Masing-masing komponen akan diperbaiki dengan metode yang berbeda. Sinyal yang telah diperbaiki tersebut kemudian digabungkan lagi menjadi sinyal suara utuh.
Pengurangan dampak reverberasi menggunakan metode All-pass dan Minimum-phase Component lebih efektif untuk suara vokal pada ukuran ruangan sedang, dengan rata-rata MSE dan waktu reverberasi yang lebih kecil dibandngkan ukuran ruangan lainya. Selain itu, panjang window yang efektif utuk metode ini adalah 16 ms.Kata Kunci : sinyal suara, reverberasi, All-pass Component, Minimum-phase ComponentABSTRACT: Generally, speech is used as a mean of communication. As a form of communication delivery. speech quality is needed to avoid misinformation. One of factor that can causes degraded sound is reverberation. The final assignment will be discuss about reducing effect of human voice signal reverberation due to reflection from the sound reflector objects in acoustic room. Because of reflection, sound signal from source that is received by audience is not a real signal. Therefore, it takes an algorithm that it used to reduce the impact of reverberation. The Algorithm is the separation of signals into All-pass and Minimum-phase Component.
Initially, real signal will be processed to reverberation signal, which will be processed using microphone array. And then, signal from each microphone will be processed in cepstrum domain and separated into All-pass and Minimum-phase Component. Each component will be recovered with different method. Signal that has been separated will be combined again to be the complete voice signal.
Reducing reverberation effect via All-pass and Minimum-phase component is more effective for vocal voiced in medium room which has MSE and reverberation time is as less as other room size. In addition, effectively window length for this method is 16 ms.Keyword: sound signal, reverberation, All-pass Component, Minimum-phase Component

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Pengurangan Dampak Reverberasi Sinyal Suara Menggunakan Metode All-pass dan Minimum-phase Component
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Vita Pusvita
Perorangan
Bambang Hidayat, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini