ANALISA QoS HANDOVER LAYANAN IPTV PADA MOBILE WiMAX

PETRUS PEDRO BAGA

Informasi Dasar

111061045
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tuntutan akan layanan mobile yang cepat dan handal sudah menjadi dasar dari layanan multimedia internet sekarang ini. Kemajuan di bidang IT dan riset yang dilakukan menghasilkan berbagai konten multimedia yang bias dinikmati secara online dimana saja dan kapan saja. IPTV sebagai salah satu konten yang cukup menarik dalam memberikan informasi dan hiburan bagi para penggunanya terutama dengan fitur-fitur yang lebih interaktif. Para penikmat IPTV dapat merekam, memilih dan bahkan menjadwal acara yang ingin di nikmati dengan biaya yang sudah di tetapkan. Kehandalan dari layanan IPTV ini sangat menentukan kepuasan dan kenyamanan bagi konsumen yang membayar jasa layanan tersebut.

QoS layanan IPTV khususnya pada jaringan mobile WiMAX sangat di pengaruhi oleh kecepatan pergerakan user. Pada penelitian ini dilakukan simulasi pada software OPNET dimana variasi pergerakan user secara konstan diamati untuk melihat parameter QoS yang didapat dan membandingkan kualiats jarinagn dari masing-masing kecepatan yang sudah di rancang. Parameter QoS yang di analisis berupa delay, jitter, thronghput, packet loss, dan application delay.

Dari seluruh hasil simulasi dapat dilihat bahwa nilai maksimum dicapai pada kecepatan 20 Km/jam dimana packet loss yang dihasilkan hanya 5.6% untuk trafik tanpa background dan 8.6% untuk trafik dengan background, nilai delay 0.022332s tanpa background dan 0.062524s dengan background, thronghput sebesar 602095.472bps tanpa background dan 582931.947bps dengan background. Secara keseluruhan kecepatan user yang masih memungkinkan untuk menikmati IPTV adalah 20Km/jam-100Km/jam untuk trafik tanpa background dan selang 20Km/jam-80Km/jam untuk trafik dengan background, karena pada selang kecepatan tersebut packet loss yang dialami masih dibawah 20% sesuai standar. Kecepatan 140Km/jam secara standard dan percobaan tidak direkomendasikan untuk menikmati layanan IPTV pada jaringan mobile WiMAX karena user tidak bisa menikmati siaran IPTV secara penuh dikarenakan data yang hilang cukup besar.

Kata Kunci : Handover, IPTV, Mobile WiMaxABSTRACT: The demand for mobile services quickly and reliably has become the basis of current Internet multimedia service. Progress in the field of IT and research by producing a variety of multimedia content online that can be enjoyed anywhere and anytime. IPTV as one of the content is quite interesting in providing information and entertainment for its users, especially with features that are more interactive. IPTV enthusiasts can record, select and even schedule the event that you want to enjoy a cost that is already in the set. The reliability of this IPTV service will determine the satisfaction and convenience for consumers who pay for these services.

IPTV QoS in particular on mobile WiMAX network is influenced by the speed of user movement. In this study conducted simulations on OPNET software where the variation movement of the user is constantly monitored to see the QoS parameters are obtained and compared kualiats jarinagn of each of which has been designed for speed. QoS parameters are analyzed in the form of delay, jitter, throughput, packet loss, and application delay.

From all the simulation results can be seen that the maximum value achieved at a speed of 20 km/h where the packet loss generated only 5.6% for traffic with no background and 8.6% for traffic with the background, delay value 0.022332s without background and 0.062524s with background, amounting thronghput 602095.472bps without background and 582931.947bps with the background. Overall user speed is still possible to enjoy IPTV is 20Km/h- 100Km/h to traffic with no background and hose 20Km/h-80Km/h to traffic with the background, because the hose speed packet loss experienced is still below 20% according to standard. 140Km/h speed as standard and experiment is not recommended to enjoy IPTV services on mobile WiMAX networks because users can not enjoy the full IPTV broadcasts due to missing data is large enough.

Keyword: Handover, IPTV, Mobile WiMax

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

ANALISA QoS HANDOVER LAYANAN IPTV PADA MOBILE WiMAX
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PETRUS PEDRO BAGA
Perorangan
Rendy Munadi , Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini