SISTEM MONITORING PENGGUNAAN DAYA LISTRIK MENGGUNAKAN SENSOR ARUS BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA 8535

irma anggraeni

Informasi Dasar

111061039
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Listrik sudah menjadi kebutuhan dasar bagi banyak orang. Kebutuhan daya listrik setiap orang juga berbeda beda tergantung pada banyaknya pemakaian. Namun sering kali pemakaian daya pada sebuah bangunan tidak terkontrol, sehingga terkadang terjadi beban lebih (overload) sehingga arus yang mengalir juga akan semakin besar . Arus lebih ini akan menimbulkan pemanasan yang mengakibatkan kerusakan, korsleting dan lain sebagainya.

Sistem monitoring daya listrik yang dapat mengetahui kondisi aliran arus listrik yang mengalir dan juga daya yang terpakai pada bangunan tersebut. Sistem monitoring ini menggunakan sensor arus,microcontroller, relay serta LCD dan push button. Sensor arus digunakan untuk mendeteksi arus yang mengalir. Digunakan microcontroller untuk mengolah data yang dikirim oleh sensor arus. Pada sistem ini relay berfungsi untuk memutus aliran listrik jika terjadi kelebihan daya yang terpakai dan menghubungkan kembali ketika sudah mulai stabil. Sedangkan LCD digunakan untuk menampilkan daya yang digunakan pada suatu ruangan serta arus yang mengalir pada ruangan yang dimonitoring. Dan push button akan berfungsi untuk mengubah batas daya yang menjadi ambang batas penggunaan daya apabila energi yang digunakan berubah.

Hasil pengujian dilakukan mulai deri pengukuran bloh hardware yaitu blok mikro, relay, catu daya, push button, sensor. Hasil dari pengujian tersebut menyatakan bahwa system dapat bekerja dengan baik. Bahwa LCD dapat menampilkan dengan baik daya yang terpakai pada beban. Sensor arus baik digunakan untuk arus diatas 1 A. Daya yang ditampilkan adalah daya aktif dengan satuan Watt, dengan rumus P=VxIxPf dimana pf diasumsikan bernilai 1.

Kata Kunci : Kata kunci : sensor arus, push button, relay, microcontrollerABSTRACT: Electricity has become a basic necessity for many people. Electric power needs of each person is different as well depending on how much usage. But often times the power consumption in a building not controlled, so that sometimes occur more load (overload) so that current flows will also increase. This will cause more current warming causing damage, short circuiting, and others.

Electric power monitoring system which can know the condition of flow of electric current that flows and also the power used in the building. This monitoring system using current sensor, microcontroller, relays and LCD and push buttons. Current sensor used to detect the current flowing. Microcontroller used to process data sent by the current sensor. In this system, the relay serves to cut off the electricity if there is excess power is used up and reconnects when it began to stabilize. While the LCD is used to display the power used in a room and the currents flowing in the monitored room. And the push button will work to change the power limit threshold when the power usage of energy used to change.

Test results carried out starting from the measurement hardware bloh ie micro blocks, relays, power supply, push buttons, sensors. Results from these tests was stated that the system can work well. That the LCD can display well on the burden of unused power. Both current sensor used for flow above 1 A. Power shown is active power in Watt unit, according to the formula P = VxIxPf where pf is assumed 1.Keyword: Keywords : current sensor, push button,relay, microcontroller.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

SISTEM MONITORING PENGGUNAAN DAYA LISTRIK MENGGUNAKAN SENSOR ARUS BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA 8535
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

irma anggraeni
Perorangan
M.Ramdhani, M.Ary Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini