PERANCANGAN APLIKASI DETEKSI DAN KLASIFIKASI JENIS DAN ARAH UNTUK ALAT BANTU TUNA NETRA BERBASIS CITRA DIGITAL

WINA IGNANTO PUTRO

Informasi Dasar

111061035
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sebagian manusia diciptakan dengan keterbatasan indera penglihatan. Sehingga untuk melakukan aktifitas mereka membutuhkan alat bantu untuk menggantikan visualisasi mereka terhadap lingkungan sekitar. Salah satu alat yang biasa digunakan oleh tunanetra untuk membantu mereka adalah tongkat, di mana tongkat digunakan untuk mengetahui kondisi jalan yang akan dilalui di depannya.

Pada saat ini perkembangan citra digital sebagai media untuk menghasilkan sebuah visualisasi gambar sudah sangat pesat dilihat banyak aplikasi yang memanfaatkan citra digital untuk keperluan lain. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem yang dapat mendeteksi dan mengklasifikasi jenis dan arah suatu gambar citra digital. Hasil deteksi dan klasifikasi inilah yang digunakan sebagai acuan seorang tunanetra terhadap kondisi jalan yang akan dilalui di depannya.

Dari sistem ini, didapatkan bentuk keluaran berupa hasil yang akurat dengan persentase maksimal 90%.Kata Kunci : Citra Digital, Tuna Netra, Visualisasi.ABSTRACT: Some humans were created with limited sense of vision. So, to do an activity they need a tool to replace their visualization to the surrounding environment. One common tool used by blind persons to help them is a stick, where the stick is used to determine the condition of the road that will pass in front of him.

At this time the development of digital image as a media to produce a visual image is developing rapidly seen from many applications that utilize digital imagery for other purposes. At this final project is designed a system that can detect and classify the type and direction of a digital image. Detection and classification results were used as a reference for a blind person to determine the condition of the road that will pass in front of him.

From this system, obtained an output with an accurate result with a maximum percentage is 90%.

Keyword: Digital Image, Blind Person, Visualisation.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI DETEKSI DAN KLASIFIKASI JENIS DAN ARAH UNTUK ALAT BANTU TUNA NETRA BERBASIS CITRA DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINA IGNANTO PUTRO
Perorangan
Bambang Hidayat, Iwan Iwut Tirtoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini