Perancangan dan Implementasi Antena Mikrostrip Planar Fourtears 2 Catuan pada Frekuensi 2,3-2,5 GHz

Aprilia Puspita Sari

Informasi Dasar

111061001
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pertumbuhan teknologi komunikasi semakin meningkat dan berkembang, sehingga banyak muncul teknologi yang baru seperti teknologi tanpa menggunakan media kabel yang sering disebut dengan sistem komunikasi wireless. Komunikasi wireless tidak terlepas dari perangkat yang mampu mengubah energi dalam medium pemandu ke ruang bebas (udara). Perangkat tersebut dinamakan antena. Antena bekerja sebagai alat untuk mengirim atau menerima energi dan mengoptimalkan energi peradiasi pada arah tertentu.

Pada tugas akhir ini, antena mikrostrip planar fourtears yang akan dirancang beroperasi pada rentang frekuensi 2300-2500 MHz dan memiliki beberapa aplikasi seperti WiMAX yang dibuat beroperasi pada frekuensi 2,3 GHz, W-LAN 2,4 GHz dan BWA 2,5 GHz yang masih mempunyai VSWR = 2. Bagi pengguna yang ingin menjalankan teknologi di atas, pada perangkat terminalnya diperlukan suatu perangkat antena yang bisa beroperasi pada frekuensi operasi aplikasi tersebut.

Antena yang akan dirancang mempunyai wilayah bandwith yang lebar. Metode pencatuan yang digunakan yaitu pencatuan dengan probe koaxial. Simulasi dilakukan dengan bantuan software Ansoft HFFS 9.2, yang nantinya bisa didapatkan desain yang tepat agar bisa beroperasi pada daerah frekuensi kerja yang diinginkan. Parameter yang akan dianalisis meliputi : SWR, impedansi, return loss, pola radiasi, gain, dan polarisasi yang dilihat dari segi simulasi software maupun dengan pengukuran langsung setelah prototipenya dibuat. Semua analisis dan data pengukuran yang valid nantinya bisa diharapkan untuk menghasilkan suatu bentuk konfigurasi antena mikrostrip planar fourtears yang mempunyai wilayah frekuensi wideband.

Dalam realisasi tugas akhir ini diperoleh bandwidth sebesar 7,69% pada range frekuensi 2318,250-2500 MHz dalam batasan VSWR < 1,7. Pola radiasi hasil pengukuran adalah unidirectional dan polarisasi berbentuk elips.

Kata Kunci : wireless, mikrostrip planar fourtears, probe koaxial.ABSTRACT: The development of communications technology increasingly and evolved, so many new technologies emerged, such as technology without using the media cable is often referred to as a wireless communication system. Wireless communication can not be separated from the device that is able to change the energy in the medium of a guide to free space (air). The device is called an antenna. The antenna worked as a tool to send or receive energy and to optimize the radiating energy in a certain direction.

In this final project, the microstrip planar fourtears antenna that will be designed to operate at frequency range 2300-2500 MHz and has several applications such as WiMAX are made to operate at a frequency of 2.3 GHz, W-LAN 2.4 GHz and 2.5 GHz BWA that still have a VSWR = 2. For a user who wants to run on top of technology, the terminal device needed an antenna device which can operate at the operating frequency of the application.

Antenna that will be designed to have wide bandwidth. Rationing method used is to probe koaxial rationing. Simulations performed with the aid of Ansoft software HFFS 9.2, which can be drawn about the appropriate design to be able to operate at the desired frequency area of work. Parameters to be analyzed include: SWR, impedance, return loss, radiation patterns, gain, and polarization in terms of simulation software as well as by direct measurement after the prototype was made. All data analysis and valid measurement could then be expected to produce a form of planar microstrip antenna configuration fourtears having wideband frequency region.

In this final realization obtained bandwidth equal to 7,69% in the frequency range 2318,250-2500 MHz in terms of VSWR <1.7. Radiation pattern measurements are unidirectional and it’s polarization is elliptical.

Keyword: wireless, microstrip planar fourtears, probe coaxial.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Antena Mikrostrip Planar Fourtears 2 Catuan pada Frekuensi 2,3-2,5 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aprilia Puspita Sari
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini