ANALISIS KINERJA PROTOKOL RSVP (RESOURCE RESERVATION PROTOCOL) UNTUK LAYANAN DATA PADA JARINGAN MOBILE WIMAX (IEEE 802.16e)

KEVIN KRISNA PERDANA

Informasi Dasar

111060316
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Mobile WiMax merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar yang mampu menyediakan kecepatan transfer data hingga 70 Mbps dan cakupan area sekitar 50 Km serta mampu memberikan data rate dan throughput yang tinggi karena menggunakan frekuensi yang cukup besar yaitu sekitar 2-11 Ghz serta bandwidth kanal yang cukup lebar dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Mobile WiMax dapat mendukung berbagai bentuk layanan data berbasiskan multimedia salah satunya yaitu Video Conference atau yang biasa disebut VCON. Untuk aplikasi ini dibutuhkan QoS yang lebih baik daripada aplikasi pengiriman data biasa. Penggunaan prokolol RSVP adalah salah satu langkah yang bisa diambil untuk mengatasi masalah tersebut. RSVP merupakan protokol pensinyalan yang digunakan untuk melakukan reservasi resource pada jaringan sehingga diperoleh kualitas layanan yang lebih baik.

Pada penelitian ini dilakukan analisis kinerja protokol RSVP untuk layanan data, dalam hal ini adalah VCON, pada jaringan mobile WiMax dengan membandingkan performansi VCON dengan menggunakan protokol RSVP dan tanpa protokol RSVP. Penelitian dilakukan dengan melihat peningkatan performansi yang diberikan oleh protokol RSVP terhadap aplikasi layanan VCON. Parameter yang dijadikan acuan dalam standar kualitas performansi antara lain adalah delay, throughput, packet loss, dan jitter.

Hasil yang dapat diambil dari penerapan RSVP adalah perbaikan QoS yang dibandingkan dengan tanpa menggunakan RSVP. Besarnya perbaikan delay, jitter, dan packet loss berturut-turut sebesar 1.39%, 34.73%, dan 25.65%. Selain itu, jaringan mobile WiMax dapat mengirimkan layanan data berbasis multimedia, dalam hal ini video conference (VCON), dengan cukup baik. Terlihat dari parameter QoS yang diukur sesuai dengan standar ITU-T dan thipon.Kata Kunci : Mobile WiMax, RSVP, Video Conference, Delay, Throughput, Packet Loss, Jitter.ABSTRACT: Mobile WiMax is a broadband wireless access technology that can provide data transfer speeds up to 70 Mbps and coverage of about 50 km and capable to provide data rate and high throughput because it uses a fairly large frequency of around 2-11 GHz and bandwidth channel that is wide enough and can be adjusted as needed. Therefore, Mobile WiMax can support various forms of multimedia-based data service that is one of Video Conference or commonly called VCON. For this application the required QoS is better than regular data transmission applications. Use RSVP protocol is one of the steps can be taken to resolve the issue. RSVP is a signaling protocol that is used to perform resource reservation on the network in order to obtain better service quality.

In this research, performance analysis of RSVP protocol for data services, in this case is VCON, on mobile WiMax network by comparing the performance VCON using RSVP protocol and without the RSVP protocol. The research is done by looking at performance improvement provided by the RSVP protocol to the service application VCON. The parameters used as reference of performance quality standards such as delay, throughput, packet loss, and jitter.

Results that can be drawn from the implementation of RSVP are a QoS improvement than without using RSVP. The amount of repair delay, jitter, and packet loss in a row at 1:39%, 34.73% and 25.65%. Moreover, mobile WiMAX network can deliver multimedia-based data services, video conferencing, in this case (VCON), quite well. Seen from the QoS parameters are measured in accordance with ITU-T standard and thipon.Keyword: Mobile WiMax, RSVP, Video Conference, Delay, Throughput, Packet Loss, Jitter.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS KINERJA PROTOKOL RSVP (RESOURCE RESERVATION PROTOCOL) UNTUK LAYANAN DATA PADA JARINGAN MOBILE WIMAX (IEEE 802.16e)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEVIN KRISNA PERDANA
Perorangan
Rendy Munadi , Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini