PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGENALAN WAJAH MANUSIA SECARA REAL TIME DENGAN WEBCAM MENGGUNAKAN FITUR WAJAH BAGIAN ATAS

RISTI ERNAWATI

Informasi Dasar

111060302
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pengenalan wajah seseorang merupakan suatu hal yang mudah dilakukan oleh manusia. Namun tidak demikian bagi sebuah mesin atau komputer yang belum dilengkapi dengan sistem cerdas. Kendala yang ada dalam penelitian sebelumnya diantaranya adalah kondisi pengambilan citra yang masih offline. Citra yang diperoleh sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti intensitas cahaya ruangan dan arah sumber cahaya.

Pada penelitian ini sistem pengenalan wajah manusia dirancang untuk mengenali wajah orang yang berupa citra digital baik secara offline maupun secara online / realtime. Pengenalan offline dilakukan dengan menggunakan citra yang telah tersimpan didalam file, sedangkan pengenalan online dilakukan secara langsung pada sesaat setelah pengambilan citra. Sistem pengenalan wajah akan didesain sedemikian rupa sehingga intensitas cahaya yang mengenai objek akan selalu sama.

Sistem pengenalan wajah meliputi beberapa tahap pemrosesan yaitu prapemrosesan, ekstraksi ciri, klasifikasi dan keputusan. Input yang diperlukan pada aplikasi ini adalah berupa citra wajah dengan ukuran dan resolusi yang sama. Output aplikasi ini adalah berupa class terdekat dari wajah yang ingin dikenali. Aplikasi ini dibuat menggunakan MATLAB yang cukup handal dan mudah dalam perhitungan matematik dan bekerja dalam konsep matrik. Akurasi yang didapat dengan membandingkan citra input dan citra latih sebesar 80,67%Kata Kunci : pengenalan wajah, webcam, matlab, citra, real time.ABSTRACT: The introduction of a person's face is a thing easily done by humans. But not so for a machine or computer is not equipped with intelligent systems. The constraints that exist in previous research include image capture conditions that are still offline. The image obtained is strongly influenced by factors such as room light intensity and direction of light sources.

In this study of human face recognition system is designed to recognize faces of people who form a digital image of both offline and online / realtime. The introduction of offline is done by using the image that has been stored in a file, whereas online recognition is done directly on shortly after taking the image. Face recognition system will be designed in such a way that the intensity of light on the object will always be the same.

Face recognition system includes several processing stages namely preprocessing, feature extraction, classification and decision. Input is required on this application is a form of facial images with the same size and resolution. The output of this application is to be the closest class of the face that wants to be recognized. This application is created using MATLAB a powerful and easy-in mathematical calculations and working in the concept matrix. Accuracy is obtained by comparing the input image and the image of train at 80,67%Keyword: face recognition, webcam, matlab, image, real time.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGENALAN WAJAH MANUSIA SECARA REAL TIME DENGAN WEBCAM MENGGUNAKAN FITUR WAJAH BAGIAN ATAS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISTI ERNAWATI
Perorangan
Koredianto Usman, Suryo Adhi Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini