DETEKSI NADA ANGKLUNG YANG HILANG MENGGUNAKAN ANALISIS DOMAIN FREKUENSI

LEGOWO PUTRO DWI WICAKSONO

Informasi Dasar

111060297
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Angklung merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia yang hingga saat ini mayoritas masyarakat Indonesia masih memerlukan bantuan dari orang lain untuk belajar memainkannya. Salah satu alasan seseorang tidak dapat belajar angklung tanpa bantuan orang lain atau pelatih adalah ketidakmampuan orang tersebut untuk mendeteksi kebenaran dari rangkaian nada yang dimainkan. Untuk itu diperlukan suatu cara agar pemain dapat mendeteksi kebenaran dari permainan angklung yang telah dilakukan tanpa diperlukan bantuan pelatih.

Dalam Tugas Akhir ini telah dirancang suatu aplikasi yang dapat mendeteksi suatu nada yang hilang dari komposisi musik angklung. Ide dari perancangan ini adalah membandingkan komposisi musik angklung yang sudah tepat susunan nadanya dengan komposisi musik angklung yang terdapat nada yang tidak muncul. Perbandingan dilakukan terhadap frekuensi yang muncul pada masing-masing musik yang telah diterjemahkan menjadi nada-nada tertentu. Adapun parameter yang dianalisis adalah tingkat keberhasilan program dalam pendeteksian nada yang hilang.

Dalam perancangan ini digunakan Transformasi Wavelet Kontinu untuk menganalisis sinyal. Transformasi Wavelet Kontinu berperan pada pemetaan frekuensi terhadap waktu, sehingga terdeteksi nada yang hilang dan kapan nada ini seharusnya muncul.

Dari hasil pengujian didapatkan bahwa Transformasi Wavelet Kontinu dapat digunakan untuk mendeteksi nada yang muncul pada musik angklung yang selanjutnya hasil deteksi ini digunakan dalam pendeteksian nada yang hilang dengan tingkat keberhasilan mencapai 100%.

Kata Kunci : nada angklung, frekuensi, dan Transformasi Wavelet KontinuABSTRACT: Angklung is one of the Indonesian traditional music instruments which is until now most people still need someone’s help for playing it. One of the reasons is the unability to detect the correct tone. So, a way to find out the correct angklung tone from a music composition without trainer’s help is needed.

In this Final Project, an application to detect missing angklung tone has been created. The idea is to compare the perfect tone music and missing tone music. The frequencies from each music is translated into tones then these tones from each music are compared. The parameter measured is the accuracy of missing tone detection by this application.

This application uses the Continous Wavelet Transform to analize the signal. The Continous Wavelet Transform maps the frequencies of signal to time so that the missing tone and the time this tone should appear is detected.

From the test results can be found that the Continous Wavelet Transform can be used to detect the angklung tone and the detection result is used for missing angklung tone detection with the accuracy up to 100%.From the test results can be found that the Continous Wavelet Transform can be used to detect the angklung tone and the detection result is used for missing angklung tone detection with the accuracy up to 100%.

Keyword: angklung tone, frequency, and Continous Wavelet Transform

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DETEKSI NADA ANGKLUNG YANG HILANG MENGGUNAKAN ANALISIS DOMAIN FREKUENSI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LEGOWO PUTRO DWI WICAKSONO
Perorangan
Bambang Hidayat, Rian Febrian Umbara
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini