ANALISIS DAN SIMULASI PERFORMANSI TRAFIK LAYANAN DOUBLE PLAY PADA GPON

Rinaldi Febrian

Informasi Dasar

111060264
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan komunikasi dan hiburan yang berbasis koneksi internet merupakan hal penting dalam menunjang aktivitas kehidupan modern yang peningkatannya naik secara drastis. Maka dari itu dibutuhkan satu layanan untuk memenuhi permintaan komunikasi dan hiburan yang bervariasi dalam satu koneksi jaringan Double play merupakan layanan yang menggabungkan beberapa layanan seperti voice dan data, dalam satu koneksi jaringan. Karena permintaan bandwidth yang terus meningkat dari waktu ke waktu, maka dalam menggabungkan layanan yang bervariasi, dibutuhkan koneksi jaringan yang handal dalam mengalokasikan bandwidth dan memiliki level QoS yang baik.

GPON (Gigabit Passive Optical Network), salah satu teknologi PON yang dikembangkan oleh ITU-T via G.984, menawarkan highest bit rates dan efisiensi hingga 2.488/1.244 Gbps dalam downstream/upstream nya dalam memenuhi kebutuhan pengguna sekarang dan untuk waktu yang akan datang.

Dalam Tugas Akhir ini dilakukan simulasi dan analisis parameter dari QoS (Quality of Service) untuk layanan double play pada GPON dengan menggunakan NS-2 (Network Simulator). Adapun parameter QoS yang dibahas adalah Throughput, Delay dan Packet Loss. Dari hasil pengujian dan analisa dapat dilihat bahwa QoS dari jaringan GPON untuk layanan dual play, baik nilai throughput, delay dan packet loss yang dihasilkan masih sesuai dengan standar ITU-T yang ada.Kata Kunci : Double Play, GPON dan QoSABSTRACT: -Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS DAN SIMULASI PERFORMANSI TRAFIK LAYANAN DOUBLE PLAY PADA GPON
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rinaldi Febrian
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Erna Sri Sugei
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini