DESAIN DAN REALISASI ANTENA MONOCONE DENGAN FREKUENSI ULTRA WIDEBAND (UWB) UNTUK MONITORING RADAR

Arulla Ryandiza

Informasi Dasar

111060247
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Antena UWB belakangan ini menonjol di dunia modern sistem komunikasi nirkabel, terutama disebabkan oleh beberapa faktor seperti data rate yang tinggi, kemampuan beroperasi di berbagai frekuensi, serta konsumsi daya dan biaya rendah. Pada tugas akhir ini dirancang dan direalisasikan antena untuk monitoring radar mendukung teknologi ESM ( Electronic Support Measure ). Untuk mendukung teknologi tersebut diperlukan perangkat antena yang bisa beroperasi pada standard frekuensi Ultra Wide Band. Dengan begitu, perlunya antena yang dapat memenuhi persyaratan dan mampu beroperasi pada range frekuensi ESM dan radar, dimana antena tersebut memiliki gain tepat, arah pancar yang sesuai, dan akurat.

Antena UWB yang dirancang pada tugas akhir ini berbentuk bikonikal. Antena bikonikal secara luas sering digunakan dalam berbagai macam aplikasi karena masukan impedansi bandwith yang luas dan pola radiasi omni-direksional. Namun, antena bikonikal biasanya memiliki struktur tiga dimensi dan relatif sulit untuk membangunnya. Salah satu jenis dari antena tersebut adalah antena bikonikal monocone yang memiliki cakupan wideband sehingga banyak dikembangkan di sektor komersial, radio militer, dan aplikasi radio scanner. Sifat antena monocone yang inheren wideband dapat menyiarkan emisi palsu yang tidak diinginkan dari pemancar yang rusak atau yang tidak tersaring secara baik.

Prototype dibuat sesuai dengan pemodelan simulasi menggunakan CST Microwave Studio dan hasil yang didapatkan pada pengukuran untuk VSWR sebesar 1,579 dan gain yang didapat adalah sebesar 8,153 dBi, yaitu pada range frekuensi (2-8) GHz. Kemudian untuk pola radiasi antena adalah omnidirectional.Kata Kunci : Ultra-wideband, bikonikal, omnidirectionalABSTRACT: UWB antenna lately is prominent in the world of modern wireless communication systems, mainly due to several factors such as high data rate, the ability to operate at various frequencies, as well as power consumption and low cost. In this final project is designed and realized for monitoring radar antenna to support ESM (Electronic Support Measure) technology. To support the technology urgently needed an antenna that can operate on standard Ultra Wide Band frequencies. Nevertheless, the need for an antenna that can meet the requirements and able to operate on the ESM and radar frequency range, so the antenna must has a precise gain, transmit the appropriate direction, and accurate.

UWB antenna that I designed in this project is a bikonikal shaped antenna. Bikonikal antenna is widely used in a variety of applications due to wide bandwidth input impedance and omni-directional radiation pattern. However, bikonikal antennas usually have a three-dimensional structure and relatively difficult to build. A type of biconical antenna is a monocone antenna that has wideband coverage and substantial to developed in the commercial sector, military radios, radio scanners and applications. Inherent characteristic of monocone wideband antenna allows it to broadcast artificial unwanted emissions from a defective transmitters or that are not filtered properly.

Prototype made in accordance with the modeling simulation using CST Microwave Studio and the results obtained in the measurement frequency for VSWR is 1,579 and the gain achieved in this thesis is a 8,153 dBi, which is the frequency range (2-8) GHz. The antenna radiation pattern is omnidirectional.Keyword: Ultra-wideband, biconical, omnidirectional

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

DESAIN DAN REALISASI ANTENA MONOCONE DENGAN FREKUENSI ULTRA WIDEBAND (UWB) UNTUK MONITORING RADAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arulla Ryandiza
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini