Analisis QoS 802.11g/e WLAN ERP-OFDM

Rahandika Ari Prasmana

Informasi Dasar

111060226
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Standar IEEE 802.11g sebagai interface yang telah terintegrasi pada perangkat komunikasi pada era ini. Disisi lain jenis trafik yang beragam dengan karakteristik yang berbeda membutuhkan suatu standar QoS agar dapat digunakan dengan baik. Oleh karena itu penggunaan standar IEEE 802.11e diterapkan, karena standar ini mampu memberikan jaminan QoS.

Simulasi Tugas Akhir ini dilakukan menggunakan NS2 dengan konfigurasi ERP-OFDM dan menggunakan patch EDCA. Simulasi dilakukan dengan struktur jaringan IBSS dengan 1 access point dan 3 buah server sebagai sumber trafik yang berbeda dengan 30 node yang dijalankan sesuai dengan skenario yang telah dibuat.

Hasil simulasi menunjukkan bahwa delay dan throughput sebagai parameter utama untuk trafik voice dan video dapat dijamin oleh EDCA, dibuktikan dengan delay voice yang berfluktuasi dalam rentang yang berdekatan sesuai dengan skenario yang dibuat. Sedangkan trafik file transfer dibangkitkan sebagai trafik pengganggu untuk menguji kestabilan koneksi, hasil yang diperoleh bahwa jenis trafik ini mendapatkan prioritas rendah dalam transmisinya, dibuktikan dengan delay yang besar. Secara umum konfigurasi jaringan dengan standar 802.11g dan 802.11e mampu memberikan QoS yang baik.Kata Kunci : IEEE 802.11e, 802 11g, ERP-OFDM, EDCAABSTRACT: IEEE 802.11g standard as an interface that has been implemented on universal device in this era. While the diverse type of traffic with difference characteristic require a guarantee of QoS for better use. Therefore the use of IEEE 802.11e standard is applied, because this standard is capable of providing QoS guarantees.

Simulation on this final project used NS2 by configuring ERP-OFDM and used patch of EDCA. Simulation performed with IBSS network structure with 1 access point and 3 nodes as server to generate traffics and 30 nodes as a client.

The simulation results show the delay and throughput as the main parameter for voice and video traffic can be guarantee by the EDCA, evidenced by the delay of voice that fluctuates in a range adjacent according to the scenario. While the file transfer traffic generate as a nuisance traffic to test the stability of the connection. Result obtained by that type of traffic gets a low priority in the transmission, evidenced by the large delay. In general, the network configuration with standards IEEE 802.11g and 802.11e can be provide better QoS.Keyword: IEEE 802.11e, 802 11g, ERP-OFDM

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis QoS 802.11g/e WLAN ERP-OFDM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rahandika Ari Prasmana
Perorangan
Erna Sri Sugesti, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini