ANALISIS ALGORITMA SPIN PADA JARINGAN SENSOR NIRKABEL

APIT PRASETYO

Informasi Dasar

111060218
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Wireless Sensor Network (WSN) adalah jaringan nirkabel yang menggunakan sensor untuk memonitor fisik atau kondisi lingkungan sekitar seperti suhu, suara, getaran, gelombang elektromagnetik, tekanan, gerakan, dan lain-lain. Wireless Sensor Network cenderung digunakan secara luas di masa depan karena WSN sangat memperluas kemampuan kita untuk memantau dan mengontrol lingkungan fisik dari lokasi terpencil. Jaringan semacam itu dapat sangat meningkatkan keakuratan informasi yang diperoleh melalui kolaborasi antara node sensor dan pengolahan informasi pada saat node online. Perkembangan dari wireless sensor network sebenarnya sudah dimulai dari kebutuhan dalam bidang militer, tetapi sekarang WSN sudah digunakan dalam bidang industri dan penggunaannya untuk kemudahan masyarakat sipil.

Pada tugas akhir ini, disimulasikan salah satu solusi untuk meningkatkan performansi jaringan dengan Quality of Servise (QoS) yang baik adalah dengan menggunakan algoritma SPIN (Sensor Protocols for Information via Negotiation). Variabel yang diubah adalah jumlah border node dan jumlah node sensor pada masing – masing pengujian. Pada pengujian ini juga akan dibandingkan dengan direct transmission untuk melihat kehandalan algoritma SPIN itu sendiri. Sedangkan parameter yang diukur adalah throughput, delay, packetloss, retransmisi, dan routing overhead.

Hasil yang didapat pada tugas akhir ini antara lain jumlah border node akan mempengaruhi besarnya nilai throughput dan average delay. Begitu pula jumlah node sensor yang disebar atau diletakkan pada suatu area tertentu nilai throughput dan delay akan mengalami perubahan. Throughput akan semakin bertambah ketika jumlah node sensor juga bertambah. Selain itu, dapat juga dibuktikan bahwa algoritma SPIN lebih baik dibandingkan dengan direct transmission dari segi packetloss dan retransmisi.Kata Kunci : wireless sensor network, SPIN, direct transmissionABSTRACT: Wireless Sensor Network (WSN) is wireless networks which using sensor to sense environment parameter such as temperature, sound, vibration, and electromagnetic wave, etc. Wireless Sensor Network very good to use in future because it can expand our sense and controlling physical environment at far and difficult location. Networks like it can be use to increase information accuracy which got from collaboration of node sensor and information processing when online. WSN Development actually have been begin from military needs, but now WSN have used in industrial and good for civilian.

This final project contain simulation of one solution to increase networks performance together with good Quality of Service (QoS) using SPIN Algorithm ( Sensor Protocols for Information via Negotiation ). Variables which modified is number of border node and number of sensors in experiment. In these tests will also be compared with direct transmission to see the reliability of the SPIN algorithm itself. The parameters which measured are throughput, delay, packetloss, retransmission, and routing overhead.

The results which got from this simulation are number of node will affect throughput and average delay value. Similarly, the number of sensor nodes are placed on a particular area of throughput and delay will change. Throughput will be increase comparable with number of sensor node which used. Beside of that, can be seen that SPIN algorithm is better than direct transmission if seen from packetloss and retransmission.Keyword: wireless sensor network, SPIN, direct transmission

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS ALGORITMA SPIN PADA JARINGAN SENSOR NIRKABEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

APIT PRASETYO
Perorangan
Ida Wahidah, Arief Suryadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini