pendeteksian kelainan pada usus besar menggunakan metode iridologi dan fuzzy logic

Muthoffifin

Informasi Dasar

111060217
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Iridologi adalah metode deteksi kelemahan organ tubuh melalui selaput pelangi (iris) mata. iris merupakan representasi gambaran detail kondisi badan secara keseluruhan. Maka Tugas Akhir ini dihasilkan untuk mempermudah analisa informasi pada iris dengan menghasilkan suatu program dari mathlab untuk menganalisanya.

Tugas akhir ini menghasilkan suatu analisa yang mampu memberikan gambaran keadaan usus besar melalui metode iridologi yaitu Normal, Balloned Sigmoid, Prolapsus, Stricture atau Spasm. Untuk menerjemahkan iris mata, dirancangkan sebuah aplikasi dengan menggunakan transformasi wavelet sebagai ekstraksi cirinya dan Fuzzy logic sebagai penerjemahnya. Pada tugas akhir ini, selain citra mata biasa juga diujikan citra mata yang mengalami resizing, rotation dan diberi noise gaussian. Pada tugas akhir ini juga dibandingkan antara citra yang masih memiliki pupil dan yang sudah dihilangkan pupilnya. Tugas akhir ini menghasilkan tingkat akurasi pengklasifikasian bentuk kelainan usus besar yang cukup tinggi, yaitu 72,6% untuk citra yang masih ada pupilnya dan 82,7% untuk citra yang tanpa pupil. Untuk citra yang mengalami proses resizing tingkat akurasinya dan hasil klasifikasinya sama dengan citra yang normal, artinya sistem pada tugas akhir ini stabil untuk citra yang mengalami resizing. Akan tetapi sistem pada tugas akhir ini tidak dapat bekerja pada citra yang mengalami rotation dan diberi noise gaussian. Waktu komputansi yang diperlukan juga cukup singkat yaitu 20,4 detik untuk citra yang tidak mengalami gangguan resize, rotate dan noise, sedangkan untuk yang mengalami gangguan, didapat waktu rataannya adalah 25,8 detik untuk citra yang di resize, 27,3 untuk citra yang diberi noise gaussian dan 22,2 untuk citra yang mengalami rotasi

Kata Kunci : Fuzzy Logic, transformasi wavelet, IridologiABSTRACT: Iridologi is a method detection of weakness organ from iris eyes. Iris is an extension of the brain. Therefore, anything recorded in the brain can be seen in the fibers of the iris. The tape as a form of organ-specific conditions. Signs in the iris represents a detailed picture of the overall body condition.

This Final Task is produce an analysis which provides a state of the colon using iridologi method. To translate the iris, then designed an application from matlab using wavelet transform and fuzzy logic as an interpreter. System testing performed at the iris image into a state of colon abnormalities that classification as a Normal, Balloned Sigmoid, prolapse, stricture or spasm. In addition to the testing system is also tested on the input image has suffered resize, rotation and a gaussian noise was added.

This final result in the classification accuracy rate of colon abnormalities is fairly high, 72.6% for the image that have pupils and 82.7% for images without pupil. To experience the process of resizing the image and the classification accuracy is the same as a normal image, which means that the system is stable for this final image resizing experience. However, the final task of this system can’t work on images that have rotation and given a gaussian noise. computing time required is also quite short, 20.4 seconds for the image that undisturbed resize, rotate and noise, while for the disorder, obtained time was 25.8 seconds for the image resize, image 27.3 for the given a gaussian noise and 22.2 for the experienced image rotation

Keyword: Fuzzy Logic, wavelet transform, Iridologi

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

pendeteksian kelainan pada usus besar menggunakan metode iridologi dan fuzzy logic
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muthoffifin
Perorangan
Achmad Rizal, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini