Pendeteksian Kondisi Pankreas Menggunakan Komputerisasi Iridologi Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan Self-Organizing Map

Yohanes Ricky Andika Pradana

Informasi Dasar

111060177
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jumlah penderita penyakit gangguan pada pankreas, atau yang secara umum dikenal sebagai diabetes, belakangan ini semakin bertambah. Penyakit yang disebabkan oleh kegagalan fungsi pancreas dalam menghasilkan insulin (sebuah hormone polipeptida yang mengendalikan metabolism gula darah) adalah penyakit yang relative berbahaya bagi penderitanya, karena dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain yang akan berujung pada kematian.

Ilmu iridologi adalah metode yang memungkinkan dokter, praktisi kesehatan, maupun kaum awam untuk mengetahui kondisi refleks sejumlah organ dan system tubuh, melalui ciri-ciri maupun tanda-tanda yang ada di dalam iris. Iridologi yang dikembangkan menggunakan system jaringan syaraf tiruan dan pengolahan citra digital, dapat menghasilkan sistem yang mampu mendeteksi keberadaan gangguan pada pankreas dengan akurasi tinggi yang membantu kerja para Iridologist. Tentunya hal ini menjadi sebuah terobosan untuk dapat mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada pancreas sedini mungkin.

Pada tugas akhir ini, telah dibuat sebuah system berbasis jaringan syaraf tiruan Self Organizing Map untuk mendeteksi kondisi pada pankreas. Dalam mendeteksi, sistem akan mengklasifikasikan hasilnya ke dalam 3 kondisi, yaitu :kondisi pankreas normal, kondisi level 1 (yang meliputi kondisi akut dan subakut), dan kondisi level 2 (meliputi kondisi kronis dan degeneratif). Hasil uji coba sistem ini memiliki tingkat akurasi 92.21 % pada deteksi citra latih, dan memiliki tingkat akurasi 81.43 % untuk deteksi citra uji. Dengan waktu komputasi 5.590 detik, sistem ini masih memungkinkan untuk dikembangkan menjadi sistem yang real-time.Kata Kunci : pankreas, iridologi, pengolahan citra digital, jaringan syaraf tiruanABSTRACT: The number of patients who suffer from a disease at pancreas, or as we called it diabetes mellitus, has growing larger nowadays. The disease that happens because of pancreas is failed to provide insulin ( a polypeptide hormone that controls blood sugar’s metabolism) is a relatively harmless disease for the one who has it, because it could make the other diseases’ complication that could end with death.

Iridology is a method that possibly gives doctor, health practitioners, and laity the informationsabout some organs’ reflect conditions and body system, through signs inside the iris. Combining this method with a neural network system and the digital image processing as well could be used to detect the possibility of intrusion’s presence at pancreas. This thing will be a breakthrough to determine the disease at pancreas as early as possible.

At this final project, a system based on Self-Organizing Map Neural Network has been created to detect the disease at pancreas. When detect, system will classify the result into 3 conditions, that are normal pancreatic condition, 1st level condition (involving the accute and sub-accute condition), and the 2nd level condition (involving cronical and degenerative condition). The test result of this program has a probabilities of 92.21 % to detect the training images accurately, and has a probabilities of 81.43 % to detect the test images accurately. With a 5.590 seconds computating time, this system is still has possibilities to be developed into a real-time system in the future.Keyword: pancreas, iridology, digital image processing, Self-Organizing Map

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Pendeteksian Kondisi Pankreas Menggunakan Komputerisasi Iridologi Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan Self-Organizing Map
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yohanes Ricky Andika Pradana
Perorangan
Achmad Rizal, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini