Simulasi Sistem Transmisi Sinyal Televisi Melalui Kanal Powerline Communication

Florent Ardhi Permadi

Informasi Dasar

111060166
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, tidak sedikit dari kalangan masyarakat yang belum mampu menikmati layanan televisi. Kebanyakan dari mereka adalah masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan ataupun di daerah perkotaan yang penuh dengan penghalang seperti gedung-gedung bertingkat. Permasalahannya adalah sinyal televisi yang dipancarkan oleh stasiun televisi tidak mampu menjangkau wilayah tersebut. Akan tetapi ada satu jaringan yang bisa dipastikan telah menjangkau wilayah tersebut yaitu jaringan listrik.
Selanjutnya, bagaimana memanfaatkan jaringan listrik itu untuk mentransmisikan sinyal televisi. Jaringan data yang selama ini telah dikembangkan pada jaringan listrik adalah PLC (Power Line Communication). PLC merupakan sistem transmisi data dengan memanfaatkan kabel listrik sebagai kanal transmisinya. Prinsip dasar dari teknologi ini adalah menginjeksikan sinyal-sinyal informasi ke dalam saluran daya listrik pada frekuensi antara 500 kHz – 30 MHz. Akan tetapi pengembangan sistem PLC untuk kanal transmisi ini masih terhadang oleh kendala buruknya karakteristik kanal PLC yaitu memiliki karakteristik multipath, redaman, dan level noise yang tinggi yang dapat menyebabkan penurunan kualitas informasi yang ditransmisikan.
Dalam Tugas Akhir ini telah dirancang dan disimulasikan sebuah sistem transmisi yang dapat berfungsi untuk mentransmisikan sinyal informasi televisi melalui kanal PLC. Adapun sinyal informasi yang ditransmisikan dalam simulasi ini adalah frame hasil capture video siaran televisi. Target BER yang ditentukan adalah 10-5 dan frame video yang digunakan sebagai inputan dibagi dalam 3 jenis citra yaitu citra gelap, citra sedang, dan citra terang.
Spesifikasi sistem hasil rancangan pada Tugas Akhir ini adalah menggunakan pengkodean kanal Reed Solomon, nilai Eb/No 20 dB, teknik modulasi multicarrier OFDM dengan 128 subcarrier, dan penambahan blok interleaver untuk optimalisasi sistem. Pengkodean kanal Reed-Solomon digunakan untuk mengatasi masalah burst error yang ditimbulkan oleh noise impuls, interleaver digunakan untuk mengacak burst error menjadi random error, dan OFDM berfungsi untuk mengatasi masalah frequency selective fading yang diakibatkan oleh kanal multipath Dengan spesifikasi sistem tersebut, tidak ditemukan adanya bit yang error untuk kasus inputan citra gelap dan citra terang.
Kata Kunci : PLC(Power Line Communication), Televisi, Frame Video Televisi, OFDM, Interleaver, Pengkodean KanalABSTRACT: In the midst of rapid development of information and communication technology, there are not a few of the people who have not been able to enjoy television services. Most of them are people who live in mountainous areas or in urban areas filled with obstacles such as storey buildings. The problem is the television signals transmitted by television stations are not able to reach the area. However, there is a network that could certainly have reached the area, and it is electrical networks.
And then, how to use electricity network to transmit television signals. Data network which has been developed on the electricity network is the PLC (Power Line Communication). PLC is a data transmission system using electrical cables as the transmission channel. The basic principle of this technology is injecting the information signals into the electrical power lines at a frequency between 500 kHz - 30 MHz However, the development of PLC systems for the transmission channel is still hampered by poor constraints of PLC channel characteristics is a multipath characteristic, attenuation, and high noise levels which can cause a dropping quality of the transmitted information.
In this Final Project, a transmission system that can serve to transmit television information signals through a channel of PLC has been designed and simulated. The information signals which are transmitted in this simulation are video frames of television broadcasting. Specified target BER is 10-5 and the video frames which are used as inputs are divided into 3 types of dark images, middle images, and bright images.
Specification of designed system in this Final Project is using Reed Solomon channel coding, the value of Eb / No is 20 dB, OFDM as multicarrier modulation technique with 128 subcarriers, and the addition of an interleaver block to optimize the system. Reed-Solomon channel coding is used to overcome the burst error problem that is caused by impulse noise, interleaver is used to randomize the burst errors into random errors, and OFDM works to overcome the problem of frequency selective fading which is caused by multipath channel. With this system specification, did not find any errors bit for the case of input are dark images and bright images.
Keyword: PLC (Power Line Communication), Television, Video Frame Television, OFDM, Interleaver, Channel Coding

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Simulasi Sistem Transmisi Sinyal Televisi Melalui Kanal Powerline Communication
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Florent Ardhi Permadi
Perorangan
Basuki Rahmat, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini