KLASIFIKASI JENIS DAN KEMATANGAN BUAH JERUK BERDASARKAN BENTUK, UKURAN DAN WARNA BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN TEMPLATE MATCHING SECARA REALTIME

Andy Kurniawan

Informasi Dasar

111060134
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Buah jeruk adalah salah satu buah yang mempunyai varietas paling banyak. Banyaknya varietas buah jeruk membuat kita sulit untuk menentukan kematangan buah jeruk karena ciri-ciri kematangan dari tiap jenis buah jeruk tidaklah sama. Setiap jenis buah jeruk umumnya memiliki perbedaan bentuk, warna dan ukuran. Demikian juga dalam hal kematangan, setiap jenis buah jeruk pasti memiliki selisih perbedaan ukuran dan warna yang tidak sama antara buah yang matang dengan yang belum matang. Misalnya antara jeruk bali dan jeruk purut, saat ukuran jeruk bali dan jeruk purut sama besar, jeruk purut tersebut mungkin sudah sangat matang akan tetapi jeruk bali tersebut pasti masih sangat muda dan rasanya masih masam.

Pada tugas akhir ini dibuat suatu sistem yang dapat menentukan jenis dan tingkat kematangan buah jeruk dengan menggunakan metode pengolahan citra digital sederhana. Sistem ini menggunakan sebuah webcam yang diletakkan tepat di depan obyek untuk mengakuisisi citra. Pada awalnya akan dicari pola bentuk jeruk lalu dibandingkan dengan pola bentuk jeruk acuan dalam database untuk menentukan jenis buah jeruk. Untuk menentukan kematangan akan dipilih berdasarkan warna atau ukuran jeruk sesuai dengan jenisnya. Karena pada beberapa jenis jeruk, perbedaan warna lebih terlihat antara jeruk matang dan mentah dibandingkan dengan perbedaan ukurannya, begitu juga sebaliknya. Kematangan jeruk berdasarkan warna ditentukan dengan mengambil area sampel lalu dihitung rata-rata nilai layer r, g dan b setelah itu dibandingkan dengan threshold kematangan. Sedangkan kematangan jeruk berdasarkan ukuran ditentukan dengan menghitung luas piksel objek jeruk pada citra BW lalu dibandingkan dengan threshold kematangan. Pembangunan sistem ini dilakukan dengan menggunakan Matlab R2008a dan sistem akan dibuat bekerja secara realtime.

Dari hasil pengujian didapatkan akurasi untuk klasifikasi jenis sebesar 91,67% dan untuk klasifikasi kematangan sebesar 90%. Sistem mempunyai waktu komputasi rata-rata selama 0,2708 detik.
Kata Kunci : pengolahan citra digital, realtime, buah jeruk, jenis, kematangan.ABSTRACT: Orange is one of fruit that has the largest number of varieties. Because of that many varieties, people are often getting confused to determine the variety and ripeness because every variety of orange has different characteristic. Some of that characteristic are shape, size and color. As well as the variety, the ripeness is also has different characteristic in size and color for each variety. For example is between Bali orange and Ponkam orange. When the size of Bali orange is equal to Ponkam orange, The ponkam orange is riped well but the bali orange isn’t.

In this final project, a system that can determine the variety and ripeness of orange fruit with digital image processing is built. This system is using a webcam that is placed right in front of the object to acquire image of the object. First, the shape pattern of orange will be determined. The pattern will be compared with reference patterns in database to determine variety of the orange. The ripeness of the orange is based on the size or color. In some varieties, the color difference is easier to see than the size difference and vice versa. Orange ripeness based on color is determined by comparing the mean of layer red, green and blue with threshold. Meanwhile the ripeness based on size is determined by comparing the number of pixels which have value 1 with threshold. This system is built with Matlab R2008a and the system work in realtime.

As the result of the experiment, the system has 91.67% accuracy of variety classification and 90% accuracy of ripeness classification. The computation time of the system is 0.2708 seconds.Keyword: Digital image processing, realtime, orange, ripeness.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

KLASIFIKASI JENIS DAN KEMATANGAN BUAH JERUK BERDASARKAN BENTUK, UKURAN DAN WARNA BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN TEMPLATE MATCHING SECARA REALTIME
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andy Kurniawan
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini