DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENERJEMAH AKSARA JAWA KE HURUF LATIN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DAN JARINGAN SYARAF TIRUAN SELF-ORGANIZING MAP (SOM)

FAIZAR MAZDI HASIBUAN

Informasi Dasar

111060121
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Salah satunya adalah keanekaragaman bahasa daerah. Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang digunakan di Indonesia. Untuk membaca tulisan Aksara Jawa tidaklah mudah. Karena kita harus menghafal bentuk – bentuk dari aksara jawa tersebut serta pengucapannya. Hal ini dikarenakan bentuk dari aksara jawa yang sangat kompleks.

Pada tugas akhir ini dibuat alat bantu pembacaan aksara Jawa berupa program aplikasi yang berfungsi untuk mengidentifikasi aksara Jawa kemudian menerjemahkannya menjadi huruf Latin dengan menggunakan Optical Character Recognition (OCR), yaitu suatu sistem komputer yang mampu mengenali karakter hasil tulisan tangan atau naskah ketikan hasil penindaian, menjadi suatu teks yang dapat diedit menggunakan suatu aplikasi komputer. Serangkaian aksara Jawa yang akan diidentifikasi dalam tugas akhir ini berasal dari teks aksara Jawa hasil dari print-out atau huruf cetak yang akan langsung diterjemahkan oleh sistem dengan peng-capture-an oleh webcam sebelumnya. Hasil dari proses ini berupa teks. Pada prosesnya dilakukan beberapa tahapan. Pada tahap preprocessing, hasil citra oleh webcam diubah warnanya dari RGB ke dalam bentuk grayscale dan black and white. Citra black and white di segmentasi tiap karakter untuk dideteksi. Pada tahap ekstrasi ciri, citra hasil segmentasi diambil ciri nya tiap karakter. Dan pada tahap pengenalan karakter yang menggunakan JST Self Organizing Map dilakukan penentuan vektor penyusun garis karakter dengan cara menghubungkan titik-titik neuron yang ada pada suatu region karakter.

Pengujian yang dilakukan terhadap sistem meliputi pengambilan gambar dari font yang sudah dilatih. Hasil akurasi terbaik adalah 98% untuk aksara Murda dan Suara, 96% untuk aksara dasar, 55% untuk aksara dengan sandhangan, dan 53% untuk aksara jawa dengan tanda baca.Kata Kunci : Aksara Jawa, OCR, webcam, ekstraksi ciri, Jaringan Syaraf Tiruan SOM.ABSTRACT: Indonesia is a country that has a cultural diversity. One of them is the diversity of regional languages. Java language is one of the regional languages which is used in Indonesia. To read the Java Characters are not easy. Because we have to memorize the shapes of java characters and its pronunciation. This because the shape of Java characters are very complex.

In this final project, the writer has made a tool that can help people to read Java characters easier. This tool identifies the Java characters and then translated them into Latin characters using Optical Character Recognition (OCR). OCR is a computer system that can recognize handwritten characters or typed manuscript which is produced by scanner , into an editable text using a computer application. A series of Java characters which will be identified in this final project comes from the Javanese character texts from the print-out or block letters. Those characters will be directly translated by the system after capturing it by webcam. The result of this process is in the editable text form. The process does a few stages. In the preprocessing stage, the image which is produced by the webcam, is changed its color from RGB to grayscale, and then changed it to black and white form. Black and white image is segmented into one syllable, in order to be detected. At this feature extraction stage, the traits of image which is produced in preprocessing stage is taken of each character. And at this character recognition stage using Self Organizing Map neural network, the determination of vector compiler character line is done by connecting the neurons dots in a region character.

The test which is done to the system involves taking a picture of the fonts that have been trained. And from tests above, the best accuracy is 98% for aksara Murda and Swara, 96% for Basic Aksara, 55% for Aksara with Sandhangan, 53% for Aksara with punctuations.Keyword: Java character, OCR, webcam, feature extraction, SOM artificial neural network.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENERJEMAH AKSARA JAWA KE HURUF LATIN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DAN JARINGAN SYARAF TIRUAN SELF-ORGANIZING MAP (SOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAIZAR MAZDI HASIBUAN
Perorangan
Bambang Hidayat, Rita Magdalena
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini