Desain dan Implementasi encoder dan decoder color code matrix berbasis webcam dan pengolahan citra untuk prototype sistem parkir di IT Telkom

Risma Siwi Ambarawati

Informasi Dasar

111060070
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada tugas akhir ini didesain dan diimplementasikan sistem pembacaan color code matrix berbasis webcam dan pengolahan citra untuk prototype sistem parkir di IT Telkom. Sistem ini diharapkan mampu memperbaiki kekurangan sistem manual yang ada sekarang, baik dari sisi keamanan maupun dari sisi monitoring. Sistem ini dibuat dengan menggunakan color code matrix sebagai identitas pengguna lokasi parkir (user). Setiap user terdaftar pada database sistem parkir dan memiliki color code matrix yang unik yang mengandung identitas kendaraan dan data dirinya.
Untuk mengenali warna pada color code matrix, digunakan metode deteksi berdasarkan evaluasi pada komponen ycbcr dari warna color code matrix agar tua dan mudanya suatu warna tetap dikenali oleh sistem. Agar posisi color code matrix tepat pada sensor warna maupun sensor background maka dibuat tempat capture yang tetap. Kemudian webcam diletakkan menghadap ke tempat capture untuk mengambil gambar user tag yang dimasukkan. Setiap sensor warna akan mensampling komponen ycbcr dari color code matrix untuk dikenali sebagai warna merah, hijau, biru atau hitam.
Untuk menguji kehandalan sistem dilakukan uji coba indoor dengan 4 skenario antara lain tanpa pencahayaan tambahan, dengan pencahayaan yang diletakkan di atas webcam, 450 dari webcam dan 900 dari webcam. Dari uji coba ini dihasilkan akurasi 89 % dengan rata-rata waktu komputasinya 5,5 detik. Serta uji coba outdoor pada waktu pagi, siang, sore, dan malam yang menghasilkan akurasi 89 % dengan rata-rata waktu komputasinya 9,49 detik. Dan diperoleh kondisi yang paling optimal untuk kerja sistem ini adalah pagi hari untuk outdoor dan dengan pencahayaan yang diletakkan di atas webcam untuk indoor yang dihasilkan akurasi 100 %.
Kata Kunci : color code matrix, sistem parkir, database, pencahayaan.ABSTRACT: This final project designed and implemented color code matrix reader based on webcam and image processing to make parking system prototype in IT Telkom. This system is hoped to repair manual system not only for security but also monitoring. This system used color code matrix as the identity of user. Each user registered them self in system parking databases and they had unique color code matrix that contained motor cycle and user identity information.
To know the color code matrix pattern, this system used detection method according to evaluation on ycbcr component from color code matrix in order to make system able to classify color although there is difference in color intensity. In order to make color code matrix position suitable with color and background sensor, so a fix capture place was needed. Then set webcam in front of capture place to take user tag image. Each color sensor is sampled by ycbcr component from color code matrix to classified as red, green, blue, or black.
To test this system, there are indoor experiments with 4 scenarios consist no lighting, with lighting above webcam, in 450 from webcam and 900 from webcam. Result of this experiment is accuracy 89 % and computation time is 5, 5 second. And outdoor experiment in the morning, afternoon, evening and night, its result is accuracy 89 % and computation time 9, 49 second. So optimal condition is in the morning for outdoor experiment and with lighting on above of webcam for indoor experiment with their accuracy are 100 %.

Keyword: color code matrix, parking system, database, lighting

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Desain dan Implementasi encoder dan decoder color code matrix berbasis webcam dan pengolahan citra untuk prototype sistem parkir di IT Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Risma Siwi Ambarawati
Perorangan
Koredianto Usman, Iwan Iwut Tirtoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini