PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP PATCH PERSEGI DENGAN SUBSTRAT ALUMINA PADA FREKUENSI 3.3-3.4 GHz UNTUK APLIKASI WIMAX

SUCI RAHMADITA

Informasi Dasar

111060066
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Antena mikrostrip merupakan antena populer karena memiliki keunggulan dan memenuhi permintaan akan antena yang kecil dan ringan. Umumnya, struktur Antena ini terdiri dari patch, substrat dielektrik dan ground plane. Aluminium oksida adalah senyawa kimia yang terdiri dari alumunium dan oksigen dengan rumus kimia Al2O3 atau biasa dikenal dengan alumina.
Pada tugas akhir ini dibahas tentang perangkat pendukung WiMAX, yaitu pada sisi transmisinya. Perangkat antena ini harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, yaitu user. Untuk antena receiver sangat dibutuhkan suatu antena yang memiliki gain tepat, arah pancar yang sesuai, akurat, lebih efisien, dan bentuk yang kompak. Antena yang dibuat ini adalah mikrostrip patch antena berbentuk segi empat dan dapat bekerja pada frekuensi 3,3 – 3,4 GHz untuk mendukung aplikasi WiMAX IEEE 802.16d.
Dari hasil perancangan dan pengukuran, diperoleh nilai VSWR pada frekuensi 3.3-3.4 GHz ≤ 1.8, Pola radiasi mendekati unidirectional dan polarisasi antena yaitu ellips dengan axial ratio 3.7 dB. Gain antena didapatkan sebesar 2.371 dBi pada 3.35 GHz.
Kata Kunci : Kata kunci: WiMAX, microstrip patch segi empat , alumina.ABSTRACT: Microstrip antenna is popular antenna because of its function and its profile which is small and lightweight. Basically this Antenna consists of patch, dielectric substrate and ground plane. Aluminium oxide is chemical element which consists of aluminium and oxygen. Its formula is Al2O3, and known as alumina.
This final project explains about supported equipment of transmission for WiMAX. This hardware should have fulfilled user needs. This antenna is located in the consumer side. So, the antenna has compact design, exact gain, and has the right polarization. This antenna is microstrip patch antenna which has rectangular shape and will work at range frequency by 3.3-3.4 GHz to support WiMAX application (IEEE 802.16d).
From design and measurement test, the VSWR value in frequencies 3.3 – 3.4 GHz ≤ 1.8, Radiation pattern is close to unidirectional and polarization is elliptical with axial ratio 3.7 dB . It has 2,371 dBi in Gain.
Keyword: Key Words: WiMAX, rectangular patch microstrip, alumina.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP PATCH PERSEGI DENGAN SUBSTRAT ALUMINA PADA FREKUENSI 3.3-3.4 GHz UNTUK APLIKASI WIMAX
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SUCI RAHMADITA
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini