Desain Aplikasi Video Streaming Untuk jaringan LAN Pada Server

Putra Agus Setiyawan

Informasi Dasar

111060035
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Desain aplikasi video streaming untuk jaringan LAN pada server adalah sebuah sistem dengan output interface berupa video streaming. Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman visual basic untuk kemudian diimplementasikan pada server yang terhubung pada jaringan LAN di mana terdapat CCTV serta komputer klien. Pada penelitian ini, dipergunakan satu kamera IP yang dipasangkan pada salah satu port switch, paket data digital video streaming yang dihasilkan oleh kamera IP ditransmisikan melalui kabel UTP melewati switch lalu paket menuju ke server.

Tujuan dari peneliian ini adalah untuk merancang dan membuat suatu program untuk memonitor ruangan menggunakan kamera IP dengan bahasa pemrograman Visual Basic sehingga dalam penelitian ini bisa mengetahui setiap kejadian-kejadian didalam ruangan oleh karena itu keamanan yang ada dapat dimaksimalkan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu komponen Visual Basic yang bisa menghubungkan program pada Visual Basic dengan kamera IP .

Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk menampilkan video streaming dari kamera IP. Aplikasi ini terbukti mampu untuk menangkap citra video dari kamera IP dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Aplikasi ini kemudian diimplementasikan pada server yang terhubung pada jaringan untuk kemudian dilakukan pengambilan data kuantiatif yang berupa Quality of Service dengan mengunakan software wireshark yang parameternya antara lain: delay / latency, jitter, packet loss dan throughput. Didapatkan nilai rata-rata delay pada pengukuran paket data pertama adalah 0 ms, lalu nilai rata-rata delay pada pengukuran paket data kedua adalah 3.628,99 ms. Nilai Packet Loss Baik pada scenario pertama maupun kedua adalah 0,99. Serta nilai throughput untuk scenario pertama 0,229 Mbps dan throughput untuk skenario kedua adalah 1,121Mbps.Data-data dari Quality of Service ini merefleksikan sebarapa baik server dalam melakukan fungsinya sebagai penerima paket data UDP.

Kata Kunci : Kamera Internet Protokol, Quality of Service,Visual BasicABSTRACT: Design applications for streaming video on the LAN network server is a system with a video stream output interface. This application is made by visual basic programming language and then implemented on a server connected to the LAN network where there are CCTV and client computers. At the end of this task there is an IP camera attached to a switch port, digital video streaming of data packets generated by the IP camera is transmitted via UTP cable and then switch over to the server package.

The purpose of this final report is to design and create a program to monitor indoor IP camera with Visual Basic programming language, so in this study can be aware of any events in the room so that no security can be maximized. Problems in this study is a component that can connect Visual Basic to Visual Basic program with IP cameras.

Functions of this application is to display streaming video from IP cameras. This application proved able to capture video images from IP cameras using Visual Basic programming language. This application is then implemented on a server connected to the network for later retrieval done in the form of quantitative data Quality of Service by using the wireshark software parameters are: delay / latency, jitter, packet loss and throughput. Obtained an average value of delay in the measurement of the first data packet is 0 ms, then the average data packet delay at the second measurement was 3628.99 ms. Both Packet Loss value on the first or second scenario is 0.99. And the throughput for the first scenario and 0.229 Mbps throughput for the second scenario is 1.121 Mbps. Datas from the Quality of Service is reflected in both the server how well perform its function as a recipient of UDP data packets.

Keyword: IP Camera, Visual Basic, Quality of Service,

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Desain Aplikasi Video Streaming Untuk jaringan LAN Pada Server
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Putra Agus Setiyawan
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, R. Bambang Cahyo Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini