PERANCANGAN DAN ANALISIS MULTIPLE WATERMARKING PADA CITRA DIGITAL BERBASIS ITERATIVE THERSHOLD DAN DETEKSI TEPI

HARI ANANDIKA

Informasi Dasar

111060034
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Proses keamanan dalam pengiriman informasi yang bersifat rahasia merupakan faktor penting yang harus dijaga. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah Watermarking. Watermarking dapat dilakukan pada media digital berbentuk citra, video, maupun audio. Banyak metode yang telah digunakan untuk mendapatkan pengamanan pada citra digital agar didapatkan tempat penyisipan yang optimal serta tahan terhadap noise tetapi masih banyak keterbatasan pada tingkat pengamanan sehingga proses keamanan tersebut kurang optimal dan mudah terserang noise.
Pada penelitian ini telah dirancang sistem multiple watermarking yang menyisipkan Image logo dan teks dengan menggunakan deteksi sobel dan iterative threshold untuk menetukkan posisi piksel yang disisipkan Image Logo dan teks yang telah dijadikan deretan bit. Teknik penyisipan yang digunakan adalah dengan menyamakan paritas dari piksel terpilih dengan bit yang disisipkan.
Pengukuran yang dilakukan adalah secara objektif dengan menghitung MSE= 0.0029 dan PSNR= 73.37 dB, dan pengukuran secara subjektif dilakukan dengan MOS=4.1 pada image yang akan disisipkan sehingga menghasilkan kualitas yang baik setelah disisipi oleh pesan teks dan image logo.
Kata Kunci : Multiple Watermarking, MSE, Metode Adaptif, Iterative Threshold.ABSTRACT: Security process in the delivery of confidential information are important factors that must be maintained. One technique that can be used is watermarking. Watermarking can be done in the form of digital media images, video, and audio. Many methods have been used to obtain security in the digital image in order to obtain the optimal insertion point and resistant to noise but there are still many limitations on the level of security so that the security is less than optimal and susceptible to noise.
In this research multiple watermarking system has been designed to insert a logo image and text by using sobel and iterative detection threshold for the pixel position of the inserted menetukkan Image logo and text that has been used as a row of bits. Insertion technique used is to equate the parity of the pixels selected by the inserted bits.
Measurements taken are objectively by calculating MSE = 0.0029 and PSNR = 73.37 dB, and subjective measurements made with MOS = 4.1 on the image to be inserted so as to produce good quality after the inserted text and logo images.Keyword: Multiple Watermarking, MSE, Adaptif method, Iterative Threshold.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN DAN ANALISIS MULTIPLE WATERMARKING PADA CITRA DIGITAL BERBASIS ITERATIVE THERSHOLD DAN DETEKSI TEPI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARI ANANDIKA
Perorangan
Bambang Hidayat, Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini