DESAIN DAN IMPLEMENTASI MULTIMETER DENGAN TAMPILAN PC PADA PORT USB BERBASIS MIKROKONTROLER

WAHYU UTOMO

Informasi Dasar

111060028
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada masa sekarang ini perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang pesat, apalagi dalam bidang komunikasi dan komputer. Usiversal Serial Bus(USB) merupakan teknik baru untuk menghubungkan komputer dengan perangkat yang lain. Sistem USB ini akan dikenal oleh komputer dengan cara menginstal program/ driver yang sesuai dengan peralatan tersebut. Dengan kondisi sepert i itu, maka komunikasi antar perangkat pun bisa dilaksanakan.

Pada Tugas Akhir ini telah dirancang multimeter dengan USB seb agai interface nya dan (Personal Computer) PC sebagai penampil dan penyimpan data. Yaitu sebuah perangkat yang dapat mengukur arus dan tegangan baik AC maupun DC. Data yang didapat akan ditampilkan di olah di PC.

Perangkat ini terdiri dari mikrokontroler, rangkaian buffer,penguat operasional, hambatan shunt, rangkaian pembagi tegangan, rangkaian USB, driver, dan PC. Hambatan shunt di gunakan untuk membatasi arus yang masuk. Rangkaian pembagi tegangan digunakan sebagai sensor tegangan agar yang besarnya sudah disesuaikan agar masuk dalam range ADC. Penguat digunakan untuk menguatkan masukan agar didapatkan masukan yang sesuai dalam rang e input ADC. Rangkaian USB digunakan untuk mengubah data dari serial mikrokontroler ke USB. Driver digunakan untuk mendeteksi perangkat yang akan dibuat agar bisa dibaca oleh PC. Data yang di kirim dari USB akan ditampilkan dan di olah di PC. Pada alat yan g sudah dirancang ini dapat mengukur tegangan DC dengan batas ukur maksimal 10 Volt dan mempunyai akurasi pengukuran sebesar 98.37%, dapat mengukur arus DC dengan batas ukur maksimal sebesar 1 Ampere dan mempunyai akurasi pengukuran sebesar83.44%. Alat ini juga bisa menampilkan hasil ukur di PC dan menyimpan hasil ukur tersebut.Kata Kunci : MIKROKONTROLER, PC, USBABSTRACT: At the present time t he development of rapid technological progress, especially in the field of communications and computers. Usiversal Serial Bus (USB) is a new technique for connecting computers with other devices. The USB system will be recognized by the computer by way of installing programs / drivers that fit the equipment. Under such circumstances, the communication between devices can be implemented.

In this final project has been designed multimeter with USB as its interface and (persolan Computer) PC as a viewer and da ta storage. That is a device that can measure both current and voltage AC or DC. The data obtained will be processed in the PC display

This device consists of a microcontroller, a buffer circuit, operational amplifiers, shunt resistance, voltage divider circuit, USB series, driver, and PC. Shunt resistance is used to limit the incoming flow. Voltage divider circuit is used as a voltage sensor so that the amount has been adjusted in order to fit in the ADC range. Amplifier is used to amplify the input in order to obtain appropriate input in the ADC input range. USB circuit is used to convert data from serial to USB microcontroller. Drivers are used to detect the devices that will be made to be read by the PC. Data that is sent from the USB will be displaye d and processed in the PC. On this tool has been designed to measure DC voltage with a maximum measuring limit of 10 Volts and has a measurement accuracy of 98.37%, can measure DC current measuring limit of 1 Ampere and have 83.44% measurement accuracy. Th is tool can also display the measurement results on a PC and store the measurement results.Keyword: PC, microcontroller, USB

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI MULTIMETER DENGAN TAMPILAN PC PADA PORT USB BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU UTOMO
Perorangan
Mohammad Ramdhani, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini