ANALISIS PERFORMANSI QoS (Quality of Service) JARINGAN MPLS-TE FAST REROUTE MENGGUNAKAN EMULATOR PC ROUTER

KUS PRAYOGO K

Informasi Dasar

111060018
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Quality of Service (QoS) merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu sistem komunikasi. Banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan untuk mendapat nilai kualitas yang baik pada jaringan. Pengadaan bandwith yang besar merupakan salah satu alternatif, namun hal ini menjadi tidak efektif karena trafik yang dilewatkan tidak secara terus menerus memiliki nilai trafik yang besar. Untuk meningkatkan kinerja jaringan yang dapat dilakukan antara lain differential service, resource reservation protocol (RSVP), multi protocol label switching (MPLS), dan penggunaan manajemen routing.

Multi-Protocol Label Switching (MPLS) adalah suatu metode forwarding data melalui suatu jaringan dengan menggunakan informasi dalam label yang dilekatkan pada paket IP. Dengan jenis routing yang diterapkan pada jaringan MPLS, diharapkan mampu untuk memberikan peningkatan nilai QoS pada jaringan tersebut. Sejak permintaan pertukaran informasi melalui internet terus meningkat dengan pesat, jaringan MPLS menawarkan fungsi traffic-engineering yang efisien, dengan cara memanfaatkan utilitas jaringan secara optimal. Pemanfaatan ini dilakukan MPLS TE dengan cara mencari jalur perutingan yang memiliki utilitas link yang rendah, sehingga meminimalisir terjadinya antrian pada router. Pada MPLS TE dengan tambahan fitur Fast Reroute, memungkinkan jika terjadi failed link akan di- reroute ke path lain, sehingga paket yang dikirim tidak perlu untuk menunggu yang mengakibatkan nilai QoS yang rendah. Apabila paket yang dikirim cepat dan tidak terjadi antrian di router berhasil diatasi maka akan dihasilkan QoS yang lebih baik pada layanan tertentu.

Dalam tugas akhir kali ini mengimplementasikan teknologi MPLS TE Fast Reroute dalam jaringan yang kecil dan menggunakan PC Router Dynamips sebagai MPLS Router. Adapun hasil dari pengimplementasian ini diharapkan dapat memberikan gambaran teknologi MPLS TE Fast Reroute itu sendiri. Dari hasil testbed yang dilakukan di laboratorium didapatkan hasil bahwa penggunaan MPLS TE Fast Reroute dapat menghasilkan QoS yang lebih baik ketika link failed. Dilihat dari hasil throughput, delay, packet loss,dan jitter yang didapat dari jaringan yang menggunakan teknologi MPLS-TE Fast Reroute mempunyai nilai yang lebih bagus dibandingkan dengan jaringan MPLS TE tanpa Fast Reroute.Kata Kunci : MPLS, MPLS-TE, Fast Reroute, RSVPABSTRACT: Quality Of Service (Qos) is represent the important thing which must be attention in a communications system. A lot of consideration which require being attention in getting good quality value at network. Wide Bandwidth is one of alternative, but this matter is not effective because traffic overcome not continually in big value traffic. For increasing network performance can be conducted by differential service, resource reservation protocol (RSVP), multi protocol of label switching (MPLS), and use of routing management.

Multi-Protocol of Label Switching (MPLS) is a method of forwarding data through a network by using information in label attached at packet IP. With the type of routing applied at network MPLS, expected able to give increasing of value Qos at the network. Since the demand for exchange of information through the Internet continues to increase rapidly, offering MPLS traffic-engineering function efficiently, by utilizing an optimal network utility. Utilization of MPLS TE is performed by finding the path that has routing low link utility, thus minimizing the occurrence of the queue on the router. In the MPLS TE Fast Reroute with additional features, possible in case of failed links will in-reroute to the other path so that the package does not need to wait for the result value of a low QoS. If the packet is sent quickly and does not occur in the router queue successfully resolved it will produce a better QoS on certain services.

In this final task, MPLS-TE Fast Reroute implemented in small network and use Dynamips PC Router Emulator as MPLS Router. The result from this implementation is expected to be able to to describe how the MPLS-TE Fast Reroute technology works. From the implementation in laboratory, the result is MPLS-TE Fast Reroute can make QoS better. Seen from result throughput, delay, packet loss, and jitter which got from network using technology MPLS-TE Fast Reroute is better than network MPLS TE without Fast Reroute.Keyword: MPLS, MPLS-TE, Fast Reroute, RSVP

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI QoS (Quality of Service) JARINGAN MPLS-TE FAST REROUTE MENGGUNAKAN EMULATOR PC ROUTER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KUS PRAYOGO K
Perorangan
Rendy Munadi , Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini